Kompas.com - 04/07/2013, 14:14 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com – Biasanya, kita tidak akan merasa bersalah makan makanan manis jika ada isi irisan buahnya. Sebab, tambahan buah atau sayur tersebut membuat kita berpikir makanan tersebut tidak begitu tinggi kalorinya.

Dalam studi yang digelar Forbes dan diterbitkan dalam Journal of Consumer Psychology, peserta diminta untuk memperkirakan jumlah kalori makanan sehat, seperti salad, dan yang tidak sehat, seperti kue. Ketika topping buah ditambahkan ke sepotong kue, responden memprediksi kalorinya 16 persen lebih rendah dibandingkan jika tanpa topping.

Hal ini karena, menurut Forbes, "Otak kita berpikir adanya bahan makanan yang sehat akan mengurangi kalori ketika ditambahkan pada makanan lain yang berlemak."

Memang, dalam penelitian ini responden lebih cenderung meremehkan kandungan kalori dari makanan yang tidak sehat, terutama ketika disajikan dengan buah yang sehat. Carrot cake, atau kue wortel, misalnya, pasti dinilai sehat karena mengandung sayur. Pada kenyataannya makanan tersebut mengandung dua kali karbohidrat dan gram lemak.

Karena cara berpikir seperti ini, konsumen cenderung makan lebih banyak makanan tidak sehat karena makanannya menambahkan topping yang sehat.

Ketika Anda mempertimbangkan pilihan yang sehat, Anda akan merasa punya pilihan. Hal itu akan menurunkan kontrol diri Anda dan menyebabkan Anda justru ingin memanjakan diri dengan makanan yang tidak sehat.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.