Kompas.com - 04/07/2013, 19:20 WIB
Bisnis dengan ibu mertua perlu kesabaran. SHUTTERSTOCKBisnis dengan ibu mertua perlu kesabaran.
|
EditorWawa
KOMPAS.com - Hubungan mertua dengan menantu perempuan tak selalu akur. Namun hal ini tak dialami pebisnis, Sarah Ardianto, yang sukses berbisnis dengan mertua mengembangkan úsaha busana muslim Rumah Ayu.

Hubungan yang akrab dengan mertua dalam ranah pribadi menjadi bekal utama Sarah. Hal ini tentunya membukakan jalan untuknya mengembangkan bisnis milik mertua.

Tugas Sarah memang melanjutkan bisnis ibu mertua yang sudah berpengalaman di usaha busana muslim selama 15 tahun. Meski begitu tetap ada strategi yang harus dijalankan saat berkolaborasi dalam hubungan bisnis dengan mertua.

"Saya tidak menganggap ibu mertua sebagai bos, tapi seperti hubungan ibu dan anak, saling menghargai, hubungan bisnis seperti hubungan keluarga," ungkapnya kepada Kompas Female seusai talkshow bisnis busana muslim di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam membangun bisnis bersama ibu mertua, Sarah mengatakan hubungan profesional tak selalu berhasil. Justru bisnis dengan semangat kekeluargaan lebih menuai sukses.

"Kalo hubungannya secara profesional, nanti jadi tegang. Jadi ciptakan suasana santai kekeluargaan," tutur ibu satu anak ini.

Meski tak mengalami kendala dalam hubungan mertua-menantu, tetap ada tantangan yang harus dihadapi saat berbisnis dengan mertua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sarah menyarankan anak sebaiknya memposisikan diri sebagai pendengar yang baik kala berbisnis dengan orangtua. Di samping itu, gunakan juga strategi, seperti memahami dan mengejar hasil yang diinginkan orangtua namun mencari cara yang nyaman dilakukan diri sendiri.

"Pakai cara sendiri untuk hasil yang orangtua inginkan," sarannya.

Orangtua yang cenderung sensitif juga menjadi tantangan tersendiri. Untuk menyiasati hal ini, Sarah punya kiatnya.

"Harus menunjukkan hasil, harus berargumen tapi juga harus sabar memberikan pengertian, dan lakukan dengan santai," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.