Kompas.com - 10/07/2013, 09:32 WIB
Penulis Rahman Indra
|
EditorWawa


KOMPAS.com
- Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, di antaranya untuk memproses protein seperti hemoglobin dan myoglobin. Hemoglobin merupakan protein yang baik untuk sel darah merah dalam membawa oksigen dari jantung ke jaringan, sementara myoglobin membantu memasok oksigen ke otot.

Menurut catatan National Institutes of Health (NIH), perempuan membutuhkan zat besi lebih banyak dari pria. Di usia 19-50 kebutuhan zat besi yang dianjurkan dalam sehari yakni 18 mg. Setelah usia 50 tahun, angkanya bisa jadi 8 mg per hari.

Kebutuhan zat besi bisa dipeorleh dari berbagai jenis makanan, dan berikut lima di antaranya:

1. Dark chocolate dan cocoa powder.
Berbahagialah penggemar cokelat. Dark chocolate (70 sampai 85 persen cacao) disebut-sebut kaya akan zat besi daripada daging sapi. Perbandingannya cukup besar meski dikonsumsi dalam porsi yang sama. Mengkonsumsi cokelat dengan vitamin C seperti buah jeruk akan melengkapi kebutuhan zat besi buat tubuh.

2. Buah kering.
Siapa mengira buah kering justru tidak hanya bagus untuk konsumsi diet tapi juga kaya zat besi. Buah peach kering misalnya mengandung 6,5 mg zat besi per cangkirnya, diikuti kemudian dengan buah plum kering, aprikot dan kismis. Tetapi pastikan Anda menemukan buah kering yang tanpa gula tambahan. Akan lebih baik Anda mengeringkan sendiri buah-buahan tersebut. Buah peach kering dan aprikot bisa dinikmati dengan dark chocolate.

3. Blackstrap molasses.
Blackstrap molasses termasuk pemanis yang sehat. Biasanya digunakan untuk membuat rasa kue lebih manis dan kandungan zat besinya hampir sama besar dengan dark chocolate. Dua sendok teh molasses disebut mengandung 2,39 mg zat besi, tanpa lemak dan kalori yang besar seperti daging, jadi cukup membantu kebutuhan zat besi.

4. Spirulina.
Spirulina, algae yang berwarna biru-hijau ini termasuk makanan super yang mengandung banyak manfaat dari vitamin B12, vitamin A dan E termasuk zat besi kalsium dan magnesium. Satu sendok teh spirulina mengandung 2 mg zat besi. Ada yang menjadi campuran smoothie ada juga dalam bentuk pil atau bubuk.

5. Tahu.
Ini jenis makanan yang paling mudah ditemui dan enak untuk dinikmati. Tahu kaya protein dan zat besi. Namun pastikan tahu yang dikonsumsi alami tanpa ada olahan pabrik atau bahan kimianya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.