Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2013, 16:51 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com -  Memasuki bulan kedua kehamilan, Anda pasti masih merasakan gejala seperti di bulan pertama, termasuk mual, muntah, sering buang air kecil, daya tahan tubuh menurun, dan perubahan mood. Anda juga masih mulai merasakan ngidam pada makanan-makanan tertentu.

Memasuki bulan kedua, pertumbuhan embrio sangatlah pesat. Di bulan ini, semua organ penting dan sistem saraf tubuh mulai berkembang. Mengingat pentingnya fase pertumbuhan bayi di bulan ini, ada baiknya Anda sangat berhati-hati saat memilih makanan yang dikonsumsi.

Belum tentu semua makanan yang dianggap sehat dan kaya protein, aman dikonsumsi saat hamil. Berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat memasuki bulan kedua kehamilan.

1. Olesan daging (mentah atau setengah matang)
Ini adalah salah satu makanan yang harus dihindari selama hamil, terutama di bulan kedua kehamilan. Daging ini mengandung bakteri Listeria yang buruk bagi pertumbuhan bayi. Daging yang sudah disimpan dalam lemari es (daging tak segar) juga harus dihindari. Pastikan daging yang Anda makan adalah daging yang benar-benar matang sempurna.

2. Keju lunak
Beberapa jenis keju seperti Camembert (keju Perancis yang bertekstur lunak bahkan agak cair dan terbuat dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi), Roquefort (disebut juga blue cheese dan dibuat dari susu domba), Brie (keju Prancis dari susu sapi). Jenis keju-keju ini mengandung jamur dan bakteri E.coli yang berpengaruh buruk selama kehamilan.

3. Hati
Beberapa perempuan hamil biasanya suka mengonsumsi hati selama kehamilan. Ketika tidak hamil, hati memang bermanfaat untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin terutama vitamin A. Namun saat hamil, vitamin A dari hati ini bisa berubah menjadi senyawa yang "jahat" dan menyebabkan keguguran.

4. Susu yang tidak dipasteurisasi
Hindari konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi karena dikhawatirkan mengandung mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan. Susu unpasteurized ini mengandung bakteri seperti Salmonella.

5. Bahan makanan mentah
Sushi yang berisi makanan atau ikan mentah juga sebaiknya dihindari. Seafood kupas mentah lain seperti crabstick, udang dan lobster juga dihindari. Daging ikan tuna yang biasanya paling nikmat disantap mentah juga tak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Daging ikan tuna ini mengandung bahan kimia merkuri yang cukup tinggi dan berbahaya untuk bayi.

Selain seafood, makanan lain yang mentah seperti telur mentah, adonan kue mentah (walau hanya mencicipi) juga dikhawatirkan masih mengandung bakteri Salmonella.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com