Kompas.com - 12/07/2013, 07:57 WIB
|
EditorWawa

KOMPAS.com - Saat berpuasa, menu makanan sahur menjadi salah satu penentu "kekuatan"  menahan lapar sampai saatnya berbuka nanti. Idealnya, ketika sahur makanan yang sebaiknya disediakan di meja makan adalah menu yang mencukupi kebutuhan tubuh, mulai karbohidrat, protein, vitamin, sampai serat.

Terkadang, ritme memasak yang sedikit berbeda, karena harus dilakukan di pagi buta, membuat banyak orang justru tak ingin masakan yang ribet.

"Enggan memasak yang ribet ini membuat orang jadi lebih suka masak yang instan tanpa berpikir tentang kecukupan gizinya," jelas Chef Yeni Ismayani kepada Kompas Female, setelah cooking class di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sekalipun sudah mulai menyadari pentingnya memenuhi asupan ini saat sahur, namun Yeni menambahkan bahwa masih ada hal yang kurang dipersiapkan, yaitu kecukupan serat. Serat biasanya hanya dipenuhi lewat sayuran.

"Serat yang ada dalam sayur hanya berjumlah sedikit, jadi sebaiknya ditambahkan dengan serat dari buah-buahan," jelasnya.

Sayangnya, banyak orang yang menghindari konsumsi buah saat sahur karena takut rasa asam buahnya akan membuat perut jadi sakit. Jadi biasanya, buah ini hanya dikonsumsi saat berbuka.

Sebaliknya, perempuan lulusan Ilmu Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta ini menyarankan buah juga dikonsumsi saat sahur. Kandungan serat dan vitamin yang tinggi dari buah akan membantu memenuhi kebutuhan serat per hari, akibatnya perut akan terasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan serat juga akan membantu Anda jadi lebih berenergi saat beraktivitas (tidak lemas) saat berpuasa.

"Biasanya, saya menyajikan buah potong, jus, atau smoothies buah segar kepada keluarga ketika mendekati waktu Imsak. Ini trik yang bisa dilakukan agar perut kenyang lebih lama," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.