Kompas.com - 13/07/2013, 15:53 WIB
Shutterstock
|
EditorWawa

KOMPAS.com – Banyak perempuan rela berkorban melakukan apapun agar dapat membuat kulit wajah mereka terlihat lebih muda dan alami. Alih-alih mendapatkan itu semua, yang ada justru penampilan Anda terlihat menjadi tua. Apa sebabnya?

* Mengabaikan atau menyalahgunakan gigi Anda.
Gigi menambah struktur dan ketinggian vertikal pada wajah. Ketika mereka lelah melalui pengunyahan makanan, menggigit kuku atau lebih buruk lagi, gigi yang sakit pun perlu ditarik, dan kulit wajah bisa menjadi lebih longgar, jelas Phil Haeck, MD, seorang ahli bedah plastik yang berbasis di Seattle dan mantan presiden American Society of Plastic Surgeons.

“Dikombinasikan dengan hilangnya alami kulit elastisitas dari waktu ke waktu, hal ini dapat menyebabkan keriput dan kendur di sekitar mulut,” ujar Haeck.

Yang harus Anda lakukan yaitu, sikat dua kali sehari, dan pergi ke dokter gigi setidaknya setahun sekali untuk memperbaiki kesehatan gigi Anda. Gunakan benang gigi untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi.

* Membeli kacamata hitam berkualitas rendah.
Kulit di sekitar mata Anda sangat tipis dan membutuhkan perhatian ekstra. Anehnya, kebanyakan orang yang terbiasa melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari sering lupa untuk mengaplikasikan tabir surya di daerah mata, kata Hirsch. Ini dapat memperburuk keriput dan perubahan warna di sekitar mata.

Untuk melindunginya, Anda perlu kacamata hitam yang dapat berfungsi sebagai pertahanan. Gunakan kacamata hitam yang benar-benar mengandung proteksi perlindungan UVA/UVB, dengan lensa berkualitas baik sehingga Anda tidak perlu menyipitkan mata.

* Anda mengkonsumsi pil KB.
Hiperpigmentasi wajah yang disebabkan oleh lonjakan hormon selama kehamilan dapat membuat tampilan Anda tampak tua. Alat kontrasepsi hormonal (terutama pil, suntikan, cincin) memiliki efek yang sama, menimbulkan warna kecoklatan hingga abu yang tampak seperti bayangan di atas bibir, pipi, dahi dan hidung, kata Jessica Krant, MD, dermatolog bersertifikat dan asisten profesor klinis di SUNY Downstate Medical Center.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan warna dapat membuat wajah Anda terlihat tua. Sebuah studi menemukan bahwa perempuan terlihat lebih tua karena mengonsumsi pil KB, yang membuat warna kulitnya tidak merata. Untungnya, perubahan hormon ini tak lagi dialami satu tahun setelah melahirkan atau saat pil KB tak lagi dikonsumsi. Untuk memperbaiki kondisi kulit, Krant menyarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit tentang perawatan pencerahan kulit termasuk penggunaan antioksidan, vitamin C dan lainnya.

*  Terobsesi untuk menurunkan berat badan.
Hirsch mengungkapkan seiring dengan bertambahnya usia, perubahan hormon dapat menyebabkan penurunan kolagen. Penurunan kolagen semakin terlihat jika Anda mengurangi berat badan secara drastis.

“Teknik terbaru untuk mengatasinya, konsultasikan ke dermatologist untuk mengembalikan kekenyalan kulit dengan cara penyuntikan wajah menggunakan jaringan lunak,” kata Hirsch.

Cara lainnya, lindungi kulit wajah agar tetap kenyal dengan menjaga berat tubuh dan diet yang seimbang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Oprah
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.