Kompas.com - 15/07/2013, 15:25 WIB
Upin Ipin memeriahkan Ramadhan di Lippo Mall Indonesia. KOMPAS.COM/RAIUpin Ipin memeriahkan Ramadhan di Lippo Mall Indonesia.
Penulis Rahman Indra
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal dua bocah lugu dan lucu ini? Sejak ditayangkan empat tahun lalu di Indonesia, serial Upin & Ipin telah menjadi tayangan favorit anak-anak, dan menjadi satu-satunya yang punya episode khusus untuk Ramadhan.

Saat bulan puasa, sosok Upin dan Ipin tak lagi dibedakan dari jambulnya, karena mereka sama-sama berkopiah melengkapi baju koko dan sarung. Nuansa Islaminya begitu kentara namun tetap dengan cerita yang sederhana dan menggelitik.

"Kisah Upin & Ipin sangat sederhana dan mudah dicerna, selain itu di setiap ceritanya selalu sarat makna, baik itu tentang persahabatan, agama, ataupun sopan santun, jadi tidak sekadar hiburan, ada edukasinya juga," tutur Nidia N Ichsan, Portfolio PR Manager Lippo Mall dalam pembukaan program "Upin & Ipin Harmony of Ramadhan", di Pejaten Village, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2013) lalu.

Atas pertimbangan itu juga, kedua tokoh kartun yang diproduksi Les Copaque ini menjadi suguhan untuk anak-anak selama bulan puasa. Sosok mereka hadir di 22 mall dari grup Lippo yang tersebar di Jakarta, Bali, Surabaya, Malang, Palembang dan Medan, hingga 11 Agustus 2013.

Dalam kesempatan peluncuran program ini, turut hadir Burhanudin, penulis skenario Upin & Ipin. Kata dia, sebagai pemilik cerita dia merasa bangga Upin dan Ipin bisa hadir dan cukup diminati juga di Indonesia.

"Upin & Ipin adalah cerita anak-anak di desa yang bisa dekat dengan siapa saja, dan di setiap ceritanya ada nilai-nilai budaya yang membawa faedah buat banyak orang," ungkapnya.

Sukses tayangan Upin & Ipin juga diikuti dengan peluncuran albumnya yang diproduseri Fadly dan Rindra dari grup Padi. Album memuat sejumlah lagu anak-anak yang dinyanyikan beberapa penyanyi seperti Lana Nitibaskara, Green Voices, serta Fadly dan Padi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa dari lagu tersebut turut ditampilkan dalam konsep pertunjukan musikal Upin & Ipin di Indonesia. Dalam show pertamanya, kisah Upin & Ipin mengangkat cerita ringan antara kura-kura dan kelinci. Sembari bernarasi, ada beberapa koreografi tari yang mengiringi, dan berkesan riang.

Selain sosok Upin dan Ipin, juga akan hadir beberapa karakter lain seperti Jarjit, Mail, Mei-mei, Kak Ros, Ehsan, dan Fizi. Kedelapan karakter tersebut akan dibagi menjadi dua show, masing-masing show menampilkan empat karakter.

Upin & Ipin dalam Harmony of Ramadhan ini dijadwalkan tampil dalam roadshow , di antaranya di Cibubur Junction (13/7/2013), Mall Lippo Cikarang (14/7/2013), Bellanova Country Mall (19/7/2013), Tamini Square (20/7/2013), Pejaten Village (20/7/2013), Ekalokasari Plaza (21/7/2013), Mall WTC Matahari (21/7/2013), Depok Town Square (21/7/2013), Metropolis Town Square (21/7/2013), Pluit Village (27/7/2013), Gajah Mada Plaza (27/7/2013), Bandung Indah Plaza (28/7/2013), dan Istana Plaza (28/7/2013).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.