Kompas.com - 17/07/2013, 16:43 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com- Saat puasa, makan sahur diibaratkan sebagai sarapan di hari biasa. Hanya saja, jam makannya yang berbeda. "Ketika berpuasa, sahur jadi penentu daya tahan dan kekuatan selama beraktivitas," ungkap dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, dalam acara "Puasa Sehat dan Nikmat Bersama Gerakan Buavita Frutarian," di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2013) lalu. 
 
Agar lebih kuat dan sehat selama berpuasa, Fiastuti menyarankan untuk benar-benar menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, makanan apa yang harus dipersiapkan saat sahur?
 
1. Pilih karbohidrat kompleks
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti mi, nasi, kentang, dan pasta akan membantu Anda untuk kenyang lebih lama. "Rasa kenyang yang lebih lama ini disebabkan karena proses pemecahan karbohidratnya jadi energi lebih lama dibanding karbohidrat sederhana," kata dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.
 
2. Cermati konsumsi makanan manis
Ketika sahur, tubuh tidak terlalu membutuhkan asupan gula. Asupan gula ini lebih dibutuhkan saat berbuka untuk mengembalikan energi. Konsumsi makanan manis atau gula yang berlebihan akan membuat glukosa dalam darah naik terlalu cepat. 
 
"Gula darah yang naik terlalu cepat pasti akan turun dengan cepat. Kalau makan makanan manis terlalu banyak akibatnya jam 10.00 Anda sudah merasa kehausan," jelasnya.

3. Jangan lupa konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah adalah asupan penting dalam satu piring makanan. Sayur dan buah mengandung serat yang tinggi. Kandungan vitamin dan serat yang tinggi juga akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan juga membuat perut kenyang lebih lama. Cairan sari buah juga akan membantu menjaga cairan tubuh. "Kurangnya konsumsi serat akan menimbulkan masalah pencernaan seperti sembelit," tambahnya.
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.