Kompas.com - 18/07/2013, 23:58 WIB
Hijab ala Indonesia banyak dipuji oleh muslimah seluruh dunia karena terlihat modis dan cantik JIFW 2013 GalleryHijab ala Indonesia banyak dipuji oleh muslimah seluruh dunia karena terlihat modis dan cantik
|
EditorFelicitas Harmandini


KOMPAS.com 
- Sebagai seorang muslim, penulis buku sekaligus pengusaha Muhammad Assad selalu kagum pada sosok perempuan berhijab. Baginya, perempuan yang berhijab tak ubahnya seperti seseorang yang pandai menjaga hartanya yang paling berharga.

"Bagi saya perempuan yang berhijab itu tak cuma terlihat santun, tapi juga cantik secara fisik. Jadi sebenarnya tak perlu takut untuk berhijab, karena tidak akan membatasi kecantikan diri dan juga aktivitas Anda. Itu semua alasan klasik untuk orang yang memang enggan berhijab," ungkap Assad saat peluncuran bukunya, 99 Hijab Stories: A Beautiful Spiritual Journey, di Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2013) lalu.

Pria kelahiran Jakarta ini sempat merasakan hidup i beberapa negara yang kental dengan nilai-nilai Islami, seperti Malaysia dan Qatar. Di negara-negara ini, secara tak langsung ia banyak memerhatikan gaya berhijab muslimah.

Dari pengamatannya tersebut, dibanding Malaysia dan Qatar, Assad menilai gaya berhijab orang Indonesia lebih modern, cantik, unik, dan berbeda. "Bukan berarti karena saya orang Indonesia, lantas memuji Indonesia sebagai yang paling bagus. Namun sepengamatan saya, dunia hijab Indonesia sudah berkembang pesat," terangnya.

Perkembangan yang dimaksud antara lain, mulai adanya keberanian perempuan berhijab untuk memodifikasi penampilannya, memadupadankan hijab dengan busana dengan apik, sampai banyaknya buku tutorial hijab dengan macam-macam gaya yang beredar di pasaran. Hal ini menunjukkan bahwa hijab di Indonesia justru semakin berkembang dan bisa mengikuti tren fashion.

Ditambahkan Assad, perkembangan hijab di Malaysia ini masih belum berkembang pesat. Bahkan, di Malaysia ada perempuan yang berhijab namun masih menggunakan baju berlengan pendek seperti kaos oblong.

Sedangkan di Qatar boleh dibilang belum ada perubahan dengan hijab yang dulu. Semua perempuan memakai gamis panjang, hijab lebar, dan bercadar. Semuanya berwarna hitam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Suatu kali saya pernah melihat mereka sedang berfoto bersama teman-temannya. Saya lantas berpikir, bagaimana orang lain bisa mengenali mereka di foto sementara wajah dan pakaian mereka terlihat nyaris sama," gurau pria berkepala plontos ini.

Ia menambahkan bahwa sampai saat ini, banyak perempuan Qatar yang mengagumi gaya berhijab muslimah Indonesia. Mereka menilai bahwa hijab Indonesia lebih berwarna dan lebih cantik.

"Sebenarnya, gamis panjang dan cadar ini dipakai untuk menghindari cuaca panas yang menyengat dan berdebu. Sedangkan pemilihan warna hitam yang notabene menyerap panas kemungkinan karena tradisi keluarga yang mengharuskan pakai hitam agar tidak terlihat mencolok," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.