Kompas.com - 22/07/2013, 15:42 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Katanya sih, kalau punya tubuh yang langsing dan kencang, kita masih pantas memakai busana yang sedikit terbuka. Contohnya Gwen Stefani (43), yang kerap memakai atasan ngatung untuk mempertontonkan perutnya yang bak papan gilasan untuk mencuci. Atau Jennifer Aniston (43) yang memakai rok mini, memamerkan kakinya yang kencang.

Namun, celana pendek, atasan ngatung, atau rok mini pun punya tanggal kadaluarsa meskipun Anda terlihat awet muda. Penelitian dari All-Bran Five Day Challenge mengungkapkan, perempuan sebaiknya tak lagi memakai pakaian yang memperlihatkan perut di usia 34, atau berbikini begitu berumur 40.

Dua pertiga perempuan meyakini bahwa pakaian tertentu seharusnya dikenakan sesuai usia. Di usia 40, kebanyakan busana yang terbuka sebaiknya tak dikenakan lagi. Selain atasan ngatung, bikini, dan hot pants, piercing di pusar juga perlu dihindari menjelang usia 40. Perempuan usia 37 bahkan dinilai terlalu tua untuk memakai rok mini.

"Orang mungkin bilang, 'Kalau tubuh Anda seksi, tunjukkan saja', tapi tampaknya ini tidak selalu berlaku untuk beberapa pilihan busana," papar Ruth Gresty, juru bicara All-Bran Five Day Challenge.

Pada akhirnya, menurut Gresty, semuanya kembali ke seberapa percaya dirinya Anda dengan bentuk perut dan tubuh Anda. Jika Anda sudah bekerja keras untuk menjaga perut Anda tetap ramping, sebenarnya boleh saja Anda tunjukkan.

“Namun bagi sebagian perempuan, perut yang rata sulit dicapai tak peduli seberapa sering Anda melakukan latihan crunch, dan itu artinya mereka tidak nyaman ketika memakai busana terbuka ketika usia bertambah," lanjut Gresty.

Studi yang melibatkan 2.000 perempuan ini juga menemukan bahwa legging sebaiknya tak dikenakan lagi begitu Anda berusia 37, dan stiletto tak perlu dipakai ketika berumur 41. Piercing di area pusar harus dilepas pada usia 35, sementara rambut panjang seharusnya dibuat lebih pendek pada usia 42 agar penampilan lebih terlihat "matang".

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa 27 persen responden menyarankan kaum perempuan tidak lagi berbelanja di toko-toko untuk anak muda seperti Topshop dan Miss Selfridge, begitu mereka memasuki usia 40-an.

Sebanyak 67 persen dari kaum perempuan yang disurvei mengaku bahwa mereka mencontoh para selebriti dalam berbusana. Karena, mereka membuat busana yang sedikit menyingkap perut lebih dapat diterima setelah usia tertentu. Gwen Stefani dinilai sebagai pemilik perut paling rata, bahkan mengalahkan perut perempuan usia 20-an seperti Rihanna. Jennifer Aniston, Halle Berry, dan Kate Hudson, juga masuk daftar 10 perempuan dengan perut terseksi.

Bukan hanya kaum perempuan yang diminta membatasi pilihan busana mereka. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa pria sebaiknya tidak lagi memakai kaus bola pada usia 25.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.