Kompas.com - 23/07/2013, 10:27 WIB
Orang dewasa harus aktif memenuhi hak anak dalam keluarga. shutterstockOrang dewasa harus aktif memenuhi hak anak dalam keluarga.
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com — Menjadi orangtua ternyata tidak semudah dan menyenangkan yang terlihat. Bahkan, banyak pasangan suami-istri di Indonesia yang merasa takut jika kelak menjadi orangtua. Padahal, menjadi orangtua dan mempunyai anak tentu merupakan pengalaman yang sangat menakjubkan bagi setiap pasangan. 

Berdasarkan polling yang dilakukan KompasFemale, hampir 76 persen responden takut menjadi orangtua karena khawatir tak mampu mendidik anak dengan baik. Sementara, 16 persen lainnya khawatir mereka tidak mampu membiayai pendidikan sekolah anak-anak mereka kelak. Hanya 8 persen responden yang cemas tidak bisa memastikan kesehatan anak mereka.

"Mengasuh anak bukan semata-mata mendidiknya menjadi sosok yang pintar dan hebat. Dalam proses pengasuhan, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan untuk membantu pertumbuhan anak lebih optimal," kata pakar pertumbuhan anak Carrie Lupoli, saat workshop "The Joy of Learning" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tiga aturan kunci saat akan menjadi orangtua dan mengasuh anak adalah Anda bertanggung jawab untuk “mengisi” otak anak Anda dengan beragam pelajaran penting dalam hidupnya di usia tumbuh kembang anak. Kemudian, dokumentasikan setiap tahap perkembangan sang anak. Dengan mendokumentasikannya, Anda dapat mengetahui pertumbuhan buah hati setahap demi setahap.

Selain itu, jangan pernah melarang anak untuk bermain karena dengan aktivitas ini daya kembang anak untuk bersosialisasi dan berinsiatif mereka akan terasah.

Jika Anda sudah dapat menerapkan tiga aturan kunci dalam merawat anak ini, maka segala ketakutan akan tanggung jawab sebagai orangtua tak akan menghantui Anda lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.