Kompas.com - 24/07/2013, 11:24 WIB
Ibu hamil perlu ekstra memerhatikan kesehatan gigi dan mulut. SHUTTERSTOCKIbu hamil perlu ekstra memerhatikan kesehatan gigi dan mulut.
EditorWawa
KOMPAS.com - Ibu hamil  (bumil) yang mengalami penyakit gusi menimbulkan risiko pada kehamilannya. Namun faktanya, sebagian besar ibu hamil mengalami peradangan dan pembesaran gusi.

Jika gigi dan mulut tidak dirawat baik selama hamil, risiko terjadinya penyakit gusi pun menjadi lebih tinggi. Kalau bumil terkena penyakit gusi, kehamilan bisa berisiko seperti memicu kelahiran prematur.

Beberapa penelitian menyebutkan, 50 persen bumil mengalami peradangan dan pembesaran gusi. Hal ini dimulai pada bulan kedua kehamilan dan memuncak pada bulan kedelapan, lalu secara bertahap berkurang pada bulan kesembilan hingga setelah persalinan.

Hal ini terjadi karena bumil mengalami perubahan hormon akibat pengaruh metabolisme tubuh yang berubah sehingga pembuluh darah kapilernya pun mengalami pembesaran. Itulah mengapa, gusi bumil membengkak dan memerah, berbeda dengan hari-hari biasanya. Itu pula yang menyebabkan gusi mudah berdarah ketika ibu sedang menggosok gigi.

Kondisi ini akan semakin parah bila bumil malas membersihkan rongga mulut. Apalagi di awal kehamilan umumnya bumil mengalami mual muntah. Bila rongga mulut tak segera dibersihkan setelah muntah, dikhawatirkan sisa muntah yang tertinggal di dalam mulut semakin memperparah kondisi gusi yang sedang bermasalah.

Akibatnya, pada sebagian bumil mengalami penyakit gusi (periodontitis). Itulah mengapa bumil harus ekstra memerhatikan kesehatan mulut dan gigi.

(Tabloid Nakita/Utami Sri Rahayu)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.