Kompas.com - 25/07/2013, 14:14 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Tingkat konsumsi buah di Indonesia pada umumnya ternyata masih tergolong rendah, yaitu hanya 2,5 porsi per hari, demikian menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Pangan Sedunia (FAO). Padahal, konsumsi yang dianjurkan WHO dan FAO adalah 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi buah per hari.

Tampaknya masyarakat kita belum menyadari risiko yang ditimbulkan akibat kekurangan asupan buah dan sayur, seperti yang diungkapkan oleh kedua organisasi tersebut. Salah satu risiko tersebut adalah gangguan kesehatan saluran pencernaan, dan risiko kematian akibat kanker saluran cerna sebesar 14 persen.

Padahal, jika Anda tak ingin repot mengupas dan memotong buah, Anda bisa memilih buah-buahan yang bisa dikudap tanpa dikupas dan dipotong. Contohnya kelompok buah berries, seperti strawberry, blueberry, raspberry, atau cranberry. Tinggal comot segenggam, maka Anda sudah memenuhi seporsi buah dalam sehari.

Berbicara mengenai nutrisinya, buah berries juga menyimpan kandungan gizi yang amat baik bagi tubuh. Buah-buahan ini mengandung anthocyanin, zat pemberi warna merah, ungu, dan biru, serta mengandung antioksidan yang tinggi. Jenis antioksidan lainnya yang dimiliki sebagian besar berries adalah ellagic acid dan flavonoid, yang membantu menangkal radikat bebas dalam tubuh.

Kelompok buah berries juga mengandung serat yang tinggi.

"Serat menjaga kesehatan saluran cerna, menjaga kadar gula darah, kadar lemak darah, memberi rasa kenyang, dan mengandung prebiotik," papar dr Fiastuti Witjaksono, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, saat bincang-bincang bersama Jakarta Food Editor's Club di Birdcage Parc, Kebayoran Baru, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan jenisnya, serat memberi manfaat ganda. Serat tidak larut berfungsi untuk membuat massa feses, agar BAB kita menjadi lancar. Sedangkan serat larut memberi vitamin dan mineral, serta membantu agar penyerapan gula lebih lambat.

Keuntungan serat adalah tidak mudah rusak. Hanya saja, jika ingin mengolah buah-buah menjadi jus, pastikan kandungan buahnya masih 80 persen. "Kalau airnya sedikit kan, bikin seratnya lebih banyak," tambah dr Fia.

Yang tak kalah penting adalah kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki oleh buah berries. Buah-buahan ini umumnya mengandung vitamin C, K, E, dan B6. Strawberry, jenis berries yang paling mudah ditemukan di Indonesia, mengandung kadar vitamin C yang tinggi, sehingga membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen, antioksidan, dan meningkatkan daya tahan.

Ada pun kandungan mineral pada berries antara lain mangan, kalium, magnesium, dan kalium. Kalium dan magnesium penting bagi kesehatan sistem saraf dan metabolisme tubuh, sedangkan mangan berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas akibat polusi, asap rokok, makanan, dan lain-lan.

"Dengan berbagai kandungan tersebut, berries bermanfaat untuk mengobati penyakit-penyakit infeksi, kanker, penuaan dini, susah BAB, kanker saluran cerna, kencing manis, hiperkolesterol, obesitas, hingga jantung koroner," tutup dr Fia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.