Kompas.com - 31/07/2013, 09:26 WIB
Ini alasan tubuh lemas saat puasa shutterstockIni alasan tubuh lemas saat puasa
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com — Pagi hari saat puasa, tubuh pasti masih terasa segar. Namun, mendekati sore hari biasanya stamina tubuh sudah mulai menurun. "Ketika sudah sore, Anda mulai merasa lemas, pusing, atau ngantuk. Ini sangat wajar terjadi terutama di minggu-minggu awal puasa," jelas ahli gizi, dr Fiastuti Witjaksana, MS, SpGK, dalam acara Buavita di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Apa yang menyebabkan terjadinya hal ini? Fiastuti mengungkapkan bahwa hal ini dikarenakan tubuh kekurangan glikogen. Glikogen dalam tubuh berfungsi sebagai cadangan makanan yang akan dibakar saat beraktivitas.

"Cadangan makanan dalam bentuk glikogen ini dipecah cukup lama dalam tubuh. Namun, cadangan ini hanya bisa bertahan selama 10 jam saja," jelasnya. Habisnya cadangan makanan ini membuat Anda jadi lemas dan pusing sekitar pukul 14.00-15.00.

Ini sebabnya, di hari-hari biasa (bukan puasa), Anda juga merasa lapar dan butuh ngemil. Asupan makanan baik makan siang atau saat ngemil sore hari ini akan menambah cadangan makanan serta cairan dalam tubuh.

Kondisi ini dialami oleh semua orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Fiastuti menambahkan bahwa hal ini tidak bisa diubah dengan cara apa pun.

Akan tetapi tak perlu khawatir karena kondisi lemas saat puasa akibat kekurangan glikogen bisa disiasati dengan beberapa cara, salah satunya dengan pemilihan makanan serta porsi makanan yang tepat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.