Kompas.com - 05/08/2013, 11:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com – Anda pasti sudah mendengar bahwa proses regenerasi kulit terjadi pada malam hari, saat Anda sedang tidur. Berapa pun usia Anda, perawatan yang tepat diperlukan untuk memastikan bahwa kulit tetap bersinar dan segar. Nah, inilah rutinitas yang Anda perlukan menjelang tidur malam:

Make-up remover. Karena Anda memakai make-up sepanjang hari, pastikan Anda menghapus make-up dengan cermat setelah sampai di rumah. Menggunakan pembersih wajah saja tidak cukup. Sebaiknya, hapus riasan wajah dengan make-up remover, yang juga membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit Anda. Gunakan bola kapas yang sudah dibasahi dengan make-up remover, lalu tepuk lembut pada wajah dan leher.

Pembersih wajah. Setelah menghapus riasan menggunakan make-up remover, gunakan pembersih wajah yang lembut untuk membersihkan wajah. Pijat lembut wajah yang telah dibauri facial cleanser, lalu cuci wajah dengan air hangat. Air hangat akan membuka pori-pori untuk memungkinkan kotoran dan bakteri keluar.

Scrubbing. Meskipun scrubbing tidak diperlukan setiap hari, namun dapat mengusir komedo yang membuat kulit wajah tampak kusam. Pilih scrub yang cocok untuk kulit Anda. Pastikan juga Anda tidak melakukannya lebih dari dua kali seminggu, jika Anda tidak ingin kulit menjadi kasar dan kering.

Krim mata. Karena tidak ada kelenjar minyak di sekitar mata, gunakan krim mata di sekitar wilayah mata untuk membantu memberikan kelembaban pada kulit mata. Krim mata juga bermanfaat untuk mengurangi bengkak serta lingkaran hitam di bawah mata. Mulailah dengan mengoleskan beberapa tetes krim mata, dan kemudian pijat lembut di sekitarnya.

Bibir. Cuci bibir dengan cara menepuk-nepuknya dengan kain halus yang sudah dibasahi dengan air hangat. Jangan menggosoknya terlalu keras. Kain yang dioleskan ke bibir berfungsi untuk melunakkan kulit kering dan mati yang ada di sekitar bibir. Lalu, oleskan lip balm untuk melembutkan dan menyembuhkan bibir pecah-pecah Anda.

Pelembab. Menggunakan pelembab sangat penting sebelum Anda tidur di malam hari. Pelembab organik merupakan pilihan yang baik, karena akan membantu menghapus sel-sel kulit mati, menenangkan dan meremajakan kulit, memelihara kulit dengan vitamin, dan juga menjaga keseimbangan pH kulit Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber idiva
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.