Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2013, 15:04 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com - Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis memang bisa mengganggu berat badan. Karena ketakutan ini, banyak perempuan yang melakukan diet rendah gula.

Namun gula sebenarnya akan sangat baik untuk kulit. Karena kekurangan gula darah akan menciptakan lingkaran hitam di mata, dan membuat kulit jadi pucat.

Lantas, apa manfaat gula untuk kulit?

1. Eksfoliasi kulit
Ini tak berarti bahwa Anda harus makan atau minum banyak gula. Gunakan saja butiran gula ini sebagai scrub wajah. Scrub gula bisa membantu mengelupas kulit mati. Tambahkan jus lemon dan madu ke dalam gula, lalu gosokkan ke wajah. Bilas sampai bersih.

2. Melembutkan kulit
Jika masker gula pasir bisa membantu mengeksfoliasi kulit, maka masker brown sugar (gula merah) dan minyak zaitun bisa membantu menjaga kelembutan dan kelenturan kulit.

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan omega-3 yang secara alami melembabkan kulit. Sedangkan brown sugar akan membantu menghilangkan kotoran dan membuka pori-pori.

3. Menyeimbangkan minyak wajah
Salah satu manfaat utama dari gula adalah untuk menjaga keseimbangan minyak. Gula mengandung dua komponen penting, yaitu asam glikolat dan asam alfa hidroksi. Kedua senyawa ini akan membantu menjaga keseimbangan minyak di kulit.

Asupan gula tidak akan membuat kulit jadi kering atau berminyak, jadi gula akan membantu Anda mempertahankan kulit wajah yang sehat dan bercahaya.

4. Melindungi dari racun
Gula juga memiliki manfaat antiaging pada kulit. Scrub gula membantu membersihkan kulit dan mencegah infeksi racun yang menyerang sel-sel kulit. Hal ini akan membantu memperlambat proses penuaan, dan membantu menjaga kulit jadi awet muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com