Kompas.com - 06/08/2013, 07:53 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Jerawat tak cuma timbul karena masalah kurang menjaga kebersihan kulit, pemilihan kosmetik yang salah, hormon, makanan berlemak, atau genetik. Ternyata, pemicu lainnya adalah faktor kebiasaan.

"Beberapa kebiasaan yang dilakukan tanpa sadar bisa menimbulkan jerawat, atau bahkan membuat jerawat lebih parah," ungkap ahli kecantikan dari klinik BeYouTiful, dr Gloria Novelita, SpKK, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia memaparkan, menurut penelitian oleh Orkin pada tahun 1991, jerawat juga bisa timbul akibat trauma fisik seperti gosokan yang berulang. Gosokan yang kasar secara berulang-ulang akan menimbulkan luka fisik di wajah sehingga kulit jadi trauma dan menipis. Luka-luka tak terlihat ini akan membuat bakteri lebih mudah menginfeksi dan menimbulkan jerawat.

"Salah satu kebiasaan menggosok berulang ini adalah saat melakukan scrub wajah. Butiran scrub-nya bisa menimbulkan luka," jelasnya.

Untuk itu, Gloria menyarankan untuk tak terlalu sering melakukan scrub wajah. Selain itu, hindari memilih pembersih wajah harian yang mengandung scrub.

Memencet jerawat juga jadi satu kebiasaan yang bisa memperparah kondisi wajah yang berjerawat. Menurut penelitian Carnizares pada tahun 1993, jerawat yang sudah ada akan semakin memburuk bila dimanipulasi.

Manipulasi jerawat ini bisa dilakukan dengan cara memencet, tidak membersihkan wajah, disentuh terus-menerus dengan tangan yang kotor, dan lain-lainnya. Jika hal ini terus dilakukan maka, akan terjadi radang yang lebih hebat. Akibatnya, akan terbentuk luka parut atau lubang jerawat yang membekas.

"Ketika sudah berjerawat, rajinlah membersihkan wajah dan pakai obat jerawat. Sebaiknya jangan tutup jerawat di wajah dengan kosmetik, dan jangan dulu scrub wajah," sarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.