Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2013, 16:08 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Menjelang hari raya, salah satu cara mempererat silahturahmi adalah dengan mengirim bingkisan, parsel, atau kartu-kartu ucapan. Agar hantaran dan parsel ini lebih bermakna bagi si penerima dan tidak menimbulkan kesalahpahaman, ada beberapa etiket yang harus diperhatikan.

1. Alasan mengirim
Pada dasarnya, mengirimkan sesuatu kepada orang lain sebagai tanda ucapan selamat akan menunjukkan perhatian Anda. Selain itu, ini juga berarti kalau Anda ingin tetap berhubungan baik dengannya. Namun, pengiriman bingkisan hari raya ini seringkali disalahartikan dan punya maksud terselubung. Coba pikirkan ulang, apa alasan Anda untuk mengirim bingkisan ini?

2. Cantumkan nama pribadi
Dalam beberapa kasus, mengirimkan bingkisan kepada kolega bisnis bisa menimbulkan kesalahpahaman. Agar hal ini tidak terjadi, kirimkan bingkisan kepadanya dengan nama pribadi. Cantumkan nama Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja agar tak terlalu mencolok.

3. Waktu pengiriman
Ada orang yang beranggapan bahwa mengirimkan parsel harusnya jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Padahal seharusnya, waktu pengiriman ini disesuaikan dengan isi bingkisannya. Kalau bingkisannya berisi kue-kue kering, kirimkan beberapa hari sebelum hari raya tiba. Dengan demikian, makanan ini juga bisa dihidangkan saat berbuka atau sahur.

Sedangkan jika bingkisan ini lebih diarahkan pada estetika pengemasannya, berisi bahan makanan yang tahan lama, tak masalah jika mengirimkan bingkisan jauh hari sebelum hari H.

4. Dikirim kemana?
Ada parsel yang memang diperuntukkan bagi perorangan, ada juga yang diperuntukkan bagi perusahaan. Jika Anda mengirim atas nama perusahaan, maka kirimkan bingkisan ini ke alamat perusahaan yang dituju. Sebaliknya, jika bersifat pribadi, kirim bingkisan dan kartu ucapan ke alamat rumah yang dituju.

5. Perlukah dibalas?
Menjelang hari raya, sudah banyak parsel yang ada di rumah atau di kantor. Perlu dibalas enggak ya?

Sebaiknya sih dibalas, karena ini menunjukkan itikad baik Anda dan sebagai tanda terima kasih. Bila bingkisan atau kartu ucapan diberikan antarperusahaan, maka balaslah juga dengan bingkisan atau kartu ucapan atas nama perusahaan. Hal yang sama juga berlaku bagi pemberian atas nama pribadi.

Sumber: Buku Etiket Sukses Membawa Diri di Segala Kesempatan, Mien R. Uno

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com