Kompas.com - 07/08/2013, 20:25 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com – Kelebihan berat badan tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, tetapi juga pada urusan pekerjaan. Tidak peduli seberapa hebat diri Anda dalam menangani tugas-tugas, jika Anda mengalami obesitas maka posisi yang Anda incar tidak akan Anda dapatkan.

Berdasarkan sebuah penelitian baru dari Bowling Green State University, Ohio, perusahaan cenderung akan bersikap diskriminatif terhadap calon pekerja begitu mengetahui ukuran tubuh mereka. Kemungkinan orang obes untuk diterima bekerja setelah melakukan wawancara kerja langsung hanya sebesar 27 persen.

Peneliti juga melakukan percobaan yang sama lewat wawancara kerja melalui telepon, dan tidak menemukan perbedaan mengenai hasilnya jika calon pekerja memiliki berat badan yang berlebih.

Jacob Burmeister, salah satu penulis studi ini, mengatakan bahwa perusahaan menolak calon pekerja yang memiliki kelebihan berat badan karena mereka dianggap sebagai orang yang malas atau tidak disiplin. Namun, ada kemungkinan orang yang obes juga kurang percaya diri sehingga tidak mampu menunjukkan yang terbaik saat wawancara.

Setelah menghadiri 160 wawancara kerja, Louisa Verth mengaku tidak satu pun tawaran pekerjaan menghampirinya. Dan ia pun mulai khawatir bahwa ukuran tubuhnya yang menyebabkan hal tersebut.

Louisa pernah melamar posisi pekerjaan yang tugas-tugasnya sama dengan pekerjaan yang pernah dia lakukan di masa lalu, namun tidak diterima. “Itu artinya saya berkualitas baik untuk posisi pekerjaan tersebut, karena saya sudah berpengalaman,” ujar pengacara yang punya ukuran baju 22 itu.

Saat itu, salah seorang staf wanita dari departemen sumber daya manusia perusahaan yang ia lamar menghampirinya, dan berbicara padanya selama sekitar 10 menit. Namun, staf itu sama sekali tidak menanyakan mengenai pengalaman kerja atau keahliannya. Menanyakan namanya pun tidak. 

"Waktu ia bilang bahwa saya tidak akan mendapat kesempatan untuk wawancara selanjutnya, saya bertanya alasannya. Ia bilang, 'Para partner (dalam firma hukum tersebut) tidak menyukai Anda',” katanya menirukan.

Sejak kehilangan pekerjaannya pada 2010, Louisa mengatakan bahwa berat badannya membayang-bayangi setiap upayanya dalam meraih posisi yang baru. Dari 350 lamaran kerja yang dikirimnya, ia hanya mendapat 125 undangan wawancara. Dan, tak satu pun posisi kerja yang diterimanya.

"Yang menyedihkan, meskipun saya terlihat cantik dalam foto saya, tapi karyawan perusahaan itu tampaknya tidak bisa menerima diri saya yang sebenarnya," katanya pilu....

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.