Kompas.com - 13/08/2013, 16:26 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Baju atau kain yang terbuat dari kashmir punya tekstur yang sangat lembut. Helaian kainnya dibuat dari benang wol yang berasal dari domba cashmere.

Karena kelembutannya, kain atau baju berbahan kashmir butuh penanganan dan cara pencucian yang berbeda dari bahan lainnya. Biasanya, kain kashmir ini harus dicuci dengan cara dry cleaning. Jika mencuci sendiri, Anda tak disarankan untuk mencucinya dalam mesin cuci. Kain ini akan lebih tahan lama jika dicuci dengan tangan.

Berikut cara mudah mencuci kashmir sendiri tanpa merusak benang dan kelembutannya.

1. Gunakan air hangat
Isi ember dengan air hangat. Air hangat akan membantu menghilangkan noda dengan mudah. Kemudian, tambahkan deterjen yang lembut dan rendah alkali. Semakin tinggi kandungan senyawa basa pada deterjen, maka pakaian akan menjadi kaku. Sampo bayi adalah pilihan paling tepat untuk mencuci kasmir.

2. Cuci mulai dari pakaian yang berwarna terang
Jika ingin mencuci lebih dari satu item kashmir, biasakan untuk memilah-milahnya terlebih dulu. Pisahkan pakaian ini berdasarkan warnanya, yaitu warna terang dan dan warna gelap. Setelah dipisahkan, cuci pakaian yang berwarna terang terlebih dulu.

3. Cuci dengan gerakan melingkar
Cara mencuci kashmir memang sedikit berbeda dengan bahan lain. Untuk menghindari perubahan bentuk, kusut, melar, dan benangnya tersangkut, cuci bahan ini dengan gerakan melingkar. Putar-putar dalam ember selama 2-5 menit agar kotorannya terangkat.

Setelah kotoran terangkat, bilas dengan air bersih sampai busa deterjen hilang sempurna. Hindari membilas kashmir di bawah air mengalir karena bisa membuat bahan ini melar.

4. Peras dengan lembut
Sama seperti pakaian lain, kashmir juga harus diperas untuk menghilangkan kelebihan air. Namun, hindari memeras terlalu keras karena bisa merusak tekstur pakaian.

Peras kashmir dengan cara membentuknya jadi lipatan kecil. Kemudian tempatkan pada sudut ember kosong. Kemudian tekan perlahan-lahan sampai air sisanya hilang.

5. Bungkus dengan handuk
Setelah diperas, bungkus pakaian ini dengan handuk bersih yang berwarna terang atau putih. Rapikan pakaian (jangan sampai ada kerutan), dan lebarkan sampai semua pakaian terbentang di atas handuk.

Gulung handuk dimulai dari bagian atas pakaian (bagian leher) menuju bawah sambil ditekan-tekan. Ini berguna untuk menghilangkan air yang tidak bisa diperas. Setelah air benar-benar hilang, buka gulungan ini. Jika masih sangat basah, ulangi lagi dengan handuk yang kering. Setelah itu, jemur pakaian sampai kering dengan diangin-anginkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.