Kompas.com - 14/08/2013, 17:20 WIB
Sunblock memiliki kandungan zinc atau zat besi yang memberi perlindungan pada kulit untuk mengantisipasi paparan sinar matahari. SHUTTERSTOCKSunblock memiliki kandungan zinc atau zat besi yang memberi perlindungan pada kulit untuk mengantisipasi paparan sinar matahari.
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com – Keremajaan kulit sebenarnya bisa didapatkan, tergantung dari bagaimana Anda merawat kulit wajah Anda. Penggunaan produk kosmetik mulai pelembab, serum, foundation, sampai sunblock, dirancang untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Namun ternyata, hampir setengah dari perempuan Indonesia tidak menggunakan sunblock saat akan keluar rumah.

Menurut polling yang dilakukan oleh KompasFemale, perempuan Indonesia yang tidak memakai sunblock saat keluar rumah jumlahnya 42 persen. Masih lebih banyak dibandingkan yang terbiasa menggunakan sunblock (35 persen), dan yang kadang-kadang memakainya (23 persen).

Padahal, penggunaan sunblock penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak kulit maupun sistem tubuh. Apabila Anda tidak melindungi kulit, penuaan dini dan timbulnya flek-flek hitam pada kulit wajah akan cepat muncul.

Sebagaimana yang pernah di bahas sebelumnya, indeks paparan sinar UV yang berlebihan pada kulit dapat mengindikasikan potensi kerusakan kulit. Skalanya 1-10, dan khusus di Indonesia indeks UV berkisar antara 8-9.

Untuk kulit orang Asia, termasuk Indonesia, ada perhitungan mengenai waktu maksimal di bawah sinar matahari, termasuk kapan kulit mulai terbakar. Waktu maksimal di bawah sinar matahari untuk orang Asia adalah 400 menit/Indeks UV.

Jika indeks UV orang Asia adalah delapan, maka kulit orang Asia mulai terbakar setelah 50 menit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya. Angka ini didapatkan dari 400 menit/8 (indeks UV).

Itu sebabnya, penggunaan sunblock yang memiliki Sun Protection Factor (SPF) tinggi mampu melindungi kulit Anda. Dengan mengaplikasikan sunblock ber-SPF, waktu aman di bawah paparan sinar matahari bisa diperpanjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, masih ragukah Anda untuk menggunakan sunblock ketika akan keluar rumah? Jangan sia-siakan kecantikan kulit wajah Anda akibat ganasnya paparan sinar matahari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.