Kompas.com - 16/08/2013, 16:36 WIB
Perhiasan, salah satu produk yang ramai dikunjungi saat pameran perhiasan di Hong Kong. HKTDCPerhiasan, salah satu produk yang ramai dikunjungi saat pameran perhiasan di Hong Kong.
Penulis Rahman Indra
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com — Fashion ternyata menjadi salah satu produk yang paling dicari dan dianggap bisa mewakili Indonesia di pameran internasional. Diikuti kemudian dengan perhiasan, perlengkapan rumah tangga, kerajinan tangan, dan makanan tradisional.

Dalam bincang-bincang dengan Johnson Ng, Senior Exhibiton Manager dan Leung Kwan Ho, Senior Marketing Manager dari Hong Kong Trade Development Council (HKTDC), di Jakarta, Kamis (15/8/2013) lalu, diketahui ada beberapa produk yang banyak dicari dan diharapkan ada di pameran internasional. Berikut lima di antaranya.

1. Fashion
Indonesia tidak hanya dikenal dengan batiknya. Sejumlah desainer yang pernah hadir dan membawa rancangannya ke Hong Kong Fashion Week dianggap sangat menjanjikan. Selain mengusung nuansa tradisional, rancangan mereka ada juga yang sangat modern.

Menurut Kwan Ho, fashion selama ini banyak dikuasai oleh merek atau desainer dari Eropa atau Jepang, tetapi sebenarnya desainer dari Indonesia punya daya saing dan patut dilirik. Dia sendiri pernah menyaksikan beberapa desain dari perancang Indonesia dan menurutnya sangat menarik untuk dipamerkan ke publik lebih luas. Salah satu desainer tersebut yakni karya dari Jeanny Ang.

2. Perhiasan
Indonesia memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah. Salah satu hasilnya diwujudkan dalam bentuk perhiasan, entah itu batu alam ataupun mutiara. Ini sudah cukup populer dan dicari-cari oleh masyarakat internasional. Jika diberi kesempatan lebih luas, produk perhiasan akan menjadikan Indonesia lebih dilirik lagi.

Pameran perhiasan di Hongkong mulai tahun mendatang akan mendapat perhatian lebih luas karena digelar besar-besaran di dua venue. Gelaran keduanya berlangsung pada Maret 2014, Hong Kong International Jewellery Show (5-9 Maret), dan Hong Kong International Diamond dan Pearl Gem Show (3-7 Maret).

3. Perlengkapan rumah tangga
HKTDC punya satu pameran besar setiap tahun untuk berbagai produk perlengkapan rumah tangga, bertajuk Hong Kong Houseware Fair. Di dalamnya terdapat berbagai produk, mulai furnitur, mebel, lukisan, dekorasi rumah, interior, dan sebagainya. Indonesia, disampaikan Kwan Ho, punya kesempatan besar dalam berbagai produk ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Kerajinan tangan
Berbagai bentuk kerajinan tangan Indonesia dianggap sangat khas dengan material yang juga bagus. Beberapa di antaranya cukup menonjol dan karenanya banyak yang turut mencari produk-produk ini. HKTDC menggelar Hong Kong Gifts and Premium Fair yang merupakan salah satu pameran terbesar di dunia yang bisa menjadi jendela buat produk kerajinan tangan Indonesia.

5. Makanan
Kwan Ho mengaku sempat bengong ketika salah seorang pengunjung bertanya mengenai restoran atau makanan tradisional dari Indonesia. Meski ada banyak sekali jenis makanan tradisional dari Indonesia, masih banyak yang belum terekspos. Bisa dibilang restoran yang menyajikan masakan tradisional sangat terbatas. Padahal, gaung makanan asal Indonesia sangatlah besar, dan tentunya tidak hanya nasi goreng.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.