Kompas.com - 19/08/2013, 15:04 WIB
Pesta pernikahan tak harus sama dengan kebanyakan orang. SHUTTERSTOCKPesta pernikahan tak harus sama dengan kebanyakan orang.
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com – Ada pepatah yang mengatakan, “Sebesar apapun pemberian dari orang harus selalu disyukuri”. Namun, tampaknya pepatah itu tidak sepenuhnya berlaku bagi beberapa pasangan yang baru menikah.

Menurut penelitian terbaru, 82 persen pasangan pengantin baru menjual beberapa barang pemberian atau hadiah pernikahan mereka ke situs seperti eBay. Hal ini disebabkan tidak semua pengantin baru merasa bahwa hadiah pernikahan yang mereka terima berguna untuk mereka.

Dari sisi pemberi hadiah, terungkap juga bahwa satu dari lima tamu sudah menyangka bahwa hadiah mereka akan berakhir menjadi barang yang tidak dipakai, dikembalikan, atau bahkan dijual. Sementara satu dari 10 tamu terkadang malu dengan hadiah yang mereka berikan.

“Rata-rata biaya yang dihabiskan untuk membeli hadiah pernikahan cukup tinggi, sekitar Rp 615.000. Uang sejumlah tersebut alangkah baiknya jika dibelikan sesuatu yang benar-benar diinginkan oleh pasangan pengantin,” ujar Declan Byrne, juru bicara one4all, situs penyedia gift card yang melakukan penelitian ini.

Penelitian ini menunjukkan bahwa hadiah yang lebih praktis bisa menjadi solusinya, misalnya memberikan paket liburan untuk bulan madu, atau uang yang bisa dipakai untuk apa saja.

Kekhawatiran yang dirasakan para tamu saat harus mencari hadiah pernikahan untuk pasangan mempelai telah menjadi tekanan sendiri. Sebanyak 42 persen tamu mengaku mereka mengalami stres saat harus memilih barang untuk hadiah pernikahan.

Bahkan, kekhawatiran ini telah mengakibatkan satu dari 10 orang di Inggris menurun niat mereka untuk pergi ke pesta pernikahan sama sekali. Mereka tak mau hadiah pernikahan mereka menyebabkan perdebatan antara teman-teman. Enam persen responden bahkan percaya perdebatan itu bisa mengakhiri persahabatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda menerima hadiah pernikahan bukan dalam bentuk "amplop", hadiah apa yang sering Anda dapatkan? Apakah hadiah tersebut bermanfaat untuk Anda?Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.