Kompas.com - 25/08/2013, 17:41 WIB
Memencet jerawat, apalagi dengan tangan yang kotor, bisa menimbulkan radang yang hebat. SHUTTERSTOCKMemencet jerawat, apalagi dengan tangan yang kotor, bisa menimbulkan radang yang hebat.
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Di masa remaja, hormon androgen sedang meningkat. Akibatnya, remaja akan mengalami banyak masalah dengan kulitnya.

"Masalah yang paling sering dialami remaja adalah kulit berjerawat. Mulai dari yang kondisinya ringan sampai yang parah," ungkap dr Eddy Karta, SpKK, saat peluncuran Pond's Acne Complete Solution di Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (20/8/2013) lalu.

Berdasarkan penelitian Habit & Attitude yang dilakukan Unilever pada tahun 2011, terungkap bahwa 9 dari 10 remaja memiliki masalah dengan jerawat. Enam dari 10 remaja bermasalah dengan kulit berminyak dan jerawat.

Eddy menambahkan bahwa remaja (13-20 tahun) cenderung memiliki masalah kulit yang lebih kompleks daripada jerawat. Jerawat, yang merupakan hasil akhir dari berbagai masalah dan kondisi kulit wajah, secara tak langsung mengindikasikan adanya masalah kulit yang terjadi di wajah.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa ternyata di samping jerawat, ada sembilan masalah kulit lain yang dialami oleh remaja, yaitu kulit berminyak, kusam, komedo hitam, komedo putih, pori-pori besar, noda bekas jerawat (bintik hitam), kulit kasar, warna kulit tidak merata akibat sel kulit mati, dan kulit kemerahan akibat radang jerawat.

"Yang disayangkan adalah, remaja seringkali tidak sadar bahwa masalah kulit mereka sebenarnya tidak hanya jerawat, tapi juga 9 masalah ini. Sehingga mereka hanya fokus untuk menyembuhkan jerawat saja," jelas Debora Gondokusumo, Brand Manager Pond’s.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.