Kompas.com - 26/08/2013, 15:43 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com - Jerawat yang bermunculan di wajah biasanya akan tumbuh menyebar di daerah T. Hal ini disebabkan karena area hidung dan dahi memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi.

Selain kulit berminyak, ada banyak penyebab jerawat, misalnya, perawatan kulit yang minim, konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak, kurang minum, dan lain-lain. Selain berbagai hal ini, jerawat juga bisa disebabkan oleh posisi tidur Anda. 

"Jika Anda selalu tidur dengan posisi yang sama maka Anda berpotensi berjerawat di satu bagian saja. Misalnya, kalau selalu tidur menghadap ke kanan maka biasanya pipi kanan akan berjerawat sedangkan yang kiri tidak," jelas dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Eddy Karta, SpKK, saat peluncuran produk pembersih muka di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tumbuhnya jerawat di satu pipi ini disebabkan oleh reaksi kulit dengan bahan sarung bantal. Karena dipakai dalam waktu yang cukup lama, maka sarung bantal ini menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Bakteri yang menempel ini bisa berasal dari kulit Anda sendiri atau lingkungan sekitar.

Beberapa jenis kain seprai atau sarung bantal seperti polyester dan lycra sebaiknya dihindari. Jenis kain ini akan menghambat regenerasi kulit mati, dan menutup kelenjar keringat. Akibatnya, sirkulasi keringat tak berjalan baik dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Agar hal ini tidak terjadi, ada baiknya untuk sering mengganti posisi saat tidur, mengganti sarung bantal sesering mungkin, dan juga menghindari penggunaan sarung bantal berbahan polyester serta lycra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.