Kompas.com - 28/08/2013, 13:54 WIB
Buah kiwi kaya akan asam folat, yang penting untuk mencegah terjadinya cacat lahir, kelainan pembentukan tabung saraf, serta bayi yang lahir tanpa jaringan otak. IFOOD.TVBuah kiwi kaya akan asam folat, yang penting untuk mencegah terjadinya cacat lahir, kelainan pembentukan tabung saraf, serta bayi yang lahir tanpa jaringan otak.
EditorFelicitas Harmandini

T:
Pada saat kehamilan saya saat ini, saya sering kali mengonsumsi buah kiwi karena percaya buah kiwi kaya akan vitamin C. Sebenarnya bagus enggak sih buah kiwi dikonsumsi pada saat hamil? Saat ini kandungan saya mau menginjak 6 bulan. Terima kasih. (Amadea, 29)

J:
Dear Amanda, selamat ya atas kehamilannya….

Buah kiwi merupakan satu dari berbagai jenis buah yang memberikan banyak keuntungan bagi tubuh karena kaya akan energi, vitamin, mineral, dan serat. Untuk itu alangkah baiknya jika Amanda mengetahui apa saja dan berapa banyak kandungan dari 100 gram buah kiwi:

Energi

61 kkal

Vitamin A

87 U

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Protein

1,12 gr

Vitamin C

93 mg

Lemak

0,5 gr

Asam folat

25 mcg

Omega 3

41,3 mg

Kolin

7,8 mg

Omega 6

242 mg

Kalsium

34 mg

Serat

3 gr

Pospor

34 mg

 

 

Zat besi

0,28 mg

 

 

Magnesium

17 mg


Jika melihat jenis kandungan dan jumlahnya dalam buah kiwi, ternyata buah ini mengandung banyak sekali zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh, baik dalam keadaan hamil maupun tidak. Jika buah kiwi dikonsumsi oleh wanita hamil, ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh karena kandungan nutrisinya seperti:

* Asam folat, merupakan kelompok vitamin B. Pada wanita hamil penting untuk mencegah terjadinya cacat lahir, kelainan pembentukan tabung saraf yang dikenal sebagai spina bifida, serta bayi yang lahir tanpa jaringan otak yang dikenal sebagai anencephali. Oleh karena itu setiap wanita hamil wajib menambahkan asam folat dalam dietnya sehari-hari. Adapun dosis asam folat yang diperlukan sebanyak 400 mcg/hari, dan buah kiwi sudah menyediakan 25 mcg asam folat dalam 100 gramnya.

* Serat sangat diperlukan untuk mencegah konstipasi (sembelit) pada wanita hamil. Konstipasi sering terjadi karena pengaruh hormon (membuat saluran cerna bergerak lebih lamban), terbatasnya aktivitas fisik, kurangnya konsumsi sayur dan buah, serta cairan. Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya sembelit pada wanita hamil, asupan serat sangat dianjurkan sebanyak 25-30 gram/hari. Adapun kebutuhan serat tersebut dapat diperoleh dari sumber alami seperti sayuran, buah-buahan, sereal, termasuk buah kiwi yang mengandung sebanyak 3 gram serat tiap 100 gramnya.

* Daya tahan tubuh yang optimal sangat diperlukan bagi wanita hamil. Untuk itu dibutuhkan asupan antioksidan yang adekuat. Antioksidan bekerja melawan efek negatif dari radikal bebas, meningkatkan kerja sistem imun, dan lain-lain, yang tentunya akan memberikan efek perlindungan bagi wanita hamil. Adapun contoh antioksidan yang baik antara lain vitamin A, C, E, zinc, selenium, dan lain-lain. Ternyata antioksidan tersebut banyak ditemukan dalam buah kiwi, seperti vitamin A maupun C.

Melihat banyaknya efek buah kiwi pada wanita hamil, maka sudah sangat tepat jika Amanda menambahkan konsumsi buah kiwi dalam menu sehari-hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.