Kompas.com - 31/08/2013, 11:36 WIB
Apresiasi untuk usaha mikro melirik potensi pengusaha perempuan. ShutterstockApresiasi untuk usaha mikro melirik potensi pengusaha perempuan.
Penulis Rahman Indra
|
EditorWawa
KOMPAS.comTahun ini, Citi Indonesia bersama UKM Centre FE UI kembali menggelar Citi Micro-entrepreneurship Award (CMA). Ini merupakan ajang apresiasi pemberian penghargaan tahunan buat wirausahawan mikro untuk seluruh daerah di Indonesia. 
 
Agung Laksamana, Country Corporate Affairs Head Citi Indonesia, mengungkapkan kalau CMA berawal  dari tahun 2004. Awalnya gelaran award ini ditujukan untuk yang di kota saja, namun kemudian mendapat perhatian banyak pihak dan ada masukan diperluas. Tahun berikutnya meluas ke berbagai daerah.
 
CMA sendiri cukup sukses di berbagai di dunia, karena dihelat di banyak negara. Hingga tahun ini, setelah sembilan tahun, 28 negara ikut serta. Di Indonesia sendiri ada kucuran dana hingga 600ribu dollar AS buat para pemenang. Sejak pertama kali digelar, sudah terjaring 4400 peserta dan 82 pemenang. 
 
Ada empat kategori penghargaan, yakni wirausaha mikro perempuan, wirausaha mikro sosial, wirausaha mikro berwawasan lingkungan, dan wirausaha mikro pelestarian budaya. Di samping itu, ada dua penghargaan khusus, untuk wirausaha mikro terbaik dan lembaga keuangan mikro terbaik. 
 
"Ada tiga tujuan dalam CMA ini, yakni untuk mengapresiasi usaha yang dijalani, menjadikan skema sukses untuk menginspirasi, serta bagaimana usaha ini memberi kontribusi besar terhadap lingkungan sekitar," ujar Agung, di Solo Lounge, Grand Sahid Jaya Hotel Indonesia, Jakarta Rabu (28/8/2013).
 
CMA terbuka untuk seluruh wirausaha yang memiliki omzet tidak lebih dari Rp 100 juta per tahun atau penghasilan bersih maksimal Rp 3 juta perbulan. Usaha yang dijalankan bisnis utama bukan sampingan dan sudah dijalani minimal dua tahun pada 30 September 2013
 
Untuk mendaftar, peserta direkomendasikan oleh Lembaga Keuangan Mikro, BPR, LSM, Dana Bergulir dari Pemerintah, Program Kemitraan BUMN, PNPM dan lainnya. Pendaftaran berlangsung dari bulan Juni hingga 30 September 2013 (cap pos) dengan mengisi formulir dan mengirimkan ke UKM Center FEUI, Panitia Lomba CMA 2013, Gedung Perpustakaan FEUI Lantai Dasar Kampus Baru UI Depok atau email lomba-cma@ukm-center.org. Info lengkapnya bisa juga diakses di www.ukm-center.org
 
Pemenang pertama dan kedua setiap kategori akan mendapatkan hadiah uang sebesar 20 juta rupiah dan 15 juta rupiah. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 11 Desember 2013. * 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.