Kompas.com - 06/09/2013, 19:06 WIB
Berpakaian seperti atasan bisa mempermudah Anda mendapatkan promosi jabatan DAILYMAILBerpakaian seperti atasan bisa mempermudah Anda mendapatkan promosi jabatan
|
EditorDeasy Syafrina

KOMPAS.com - Meniti karir untuk mencapai kedudukan tertinggi bukan hanya dilihat dari manajemen waktu dan sukses memenuhi target kerjaan. Menurut penelitian baru, rahasia agar memdapatkan promosi jabatan di perusahaan tempat Anda bekerja yaitu dengan berpakaian seperti atasan Anda.

Penelitian ini menemukan mayoritas manajer ( 68 persen ) mendapatkan kesadaran bahwa stafnya telah berpakaian mirip seperti mereka. Studi ini juga menunjukkan pepatah lama , berpakaianlah sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan, bukan dikarenakan yang Anda miliki. Dan sepertinya, hal itu memiliki unsur kebenaran .

Hal ini telah menyebabkan tren baru di kantor yang disebut “work twins”, penelitian ini dilakukan oleh Debenhams, dan menjadi pengetahuan baru  yang menarik bagi para karyawan di berbagai perusahaan Inggris.

Survei terhadap 2.000 orang menunjukkan bahwa enam dari 10 ( 61 persen), mengatakan berpakaian seperti rekan kerja mereka dapat menciptakan semangat tim yang lebih baik dan tingkat produktivitas yang lebih tinggi .

Setengah dari mereka ( 54 persen ) mengatakan bahwa mereka sangat dipengaruhi oleh apa yang manajer dan rekan kerja mereka pakai untuk bekerja. Sementara, sepertiganya ( 33 persen ) mengatakan tim kerja mereka sengaja membeli pakaian yang sama dan berencana untuk memakainya pada hari yang sama .

32 persen orang yang disurvei menemukan diri mereka sengaja berpakaian seperti rekan kerja mereka rata-rata dua sampai tiga hari per minggu. Ini menjadi alasan bagi mereka agar dapat menghabiskan banyak waktu bersama-sama .

"Kecenderungan untuk meniru berpakaian sama di kalangan para pekerja terus meningkat dan sekarang menjadi lelucon di sebagian besar kantor-kantor saat rekan kerja mereka muncul dengan mengenakan pakaian yang sama," kata juru bicara Debenhams.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, standar ini biasanya diatur oleh atasan mereka terhadap gaya apa yang diharapkan untuk tampil saat bekerja dan kemudian seluruh tempat kerja mengikutinya.

Psikolog dari University of Hertfordshire, Dr Karen Pine mengatakan, manusia cenderung tertarik pada orang-orang yang seperti mereka, karena perbedaan dapat dirasakan sebagai ancaman. Orang-orang merasa aman ketika mereka berpakaian sama.

"Mereka sinyal kebutuhan yang dimiliki dalam kelompok. Sebuah tim yang memilih gaya pakaian yang sama untuk bekerja menunjukkan kekompakan mereka. Hal ini mungkin mencerminkan budaya kolaboratif yang lebih luas dalam organisasi atau kebutuhan tinggi untuk kesesuaian,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.