Kompas.com - 07/09/2013, 09:53 WIB
Aerobik memiliki banyak manfaat untuk anak-anak BOLDSKYAerobik memiliki banyak manfaat untuk anak-anak
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Biasanya, aerobik hanya dilakukan oleh remaja atau orang dewasa karena ritme latihan dan variasi gerakan yang cukup berat. Jangan salah meski aerobik terlihat cukup berat untuk anak, namun olahraga ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Apa saja sih manfaatnya?

1. Menjaga berat badan
Obesitas adalah salah satu masalah utama yang dialami anak-anak. Dan aerobik adalah salah satu aktivitas fisik yang bisa membantu anak untuk tetap menjaga berat badan normalnya.

2. Sirkulasi darah
Aerobik ternyata bisa membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini memungkinkan darah mengangkut lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Peningkatan oksigen dalam sel-sel tubuh ini akan membuat anak-anak jadi lebih berenergi.

3. Detoksifikasi
Aktivitas berat yang dilakukan selama aerobik ini akan mengeluarkan keringat dan racun dalam tubuh. Anak-anak yang sering aerobik akan menjadi lebih segar, sehat dan lebih kuat dibanding yang tidak. Detoksifikasi akan membuat anak-anak jadi lebih berenergi dan akhirnya meningkatkan kekuatan mereka secara keseluruhan.

4. Kesehatan mental
Setiap aktivitas fisik meningkatkan suasana hati setiap individu. Aerobik ternyata diklaim juga bisa mengurangi tingkat stres, mengurangi depresi dan membuat anak lebih aktif di sekolah. Selain itu, aerobik juga bisa meningkatkan kualitas tidur anak.

5. Meningkatkan tinggi badan
Anak-anak sedang berada dalam masa pertumbuhan. Maka bantuan aktivitas fisik yang tepat akan membantu anak-anak, seperti latihan aerobik akan membantu anak meningkatkan tinggi badannya.

6. Meningkatkan kepercayaan diri
Kegiatan fisik seperti aerobik tidak hanya membantu anak-anak untuk menjadi sehat secara fisik, tetapi juga membuat mereka meningkatkan kepercayaan dirinya. Aerobik juga dikatakan memberikan perasaan yang baik tentang diri mereka sendiri yang menambah kepercayaan diri mereka lebih tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

7. Meningkatkan konsentrasi
Sirkulasi darah dan suplai oksigen yang lebih baik akan membantu anak-anak untuk meningkatkan konsentrasi anak-anak pada bidang akademik mereka. Tetapi juga meningkatkan memori dan nilai-nilai mereka di sekolah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Boldsky
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.