Kompas.com - 11/09/2013, 11:23 WIB
Dukungan suami berperan penting terhadap kestabilan emosi ibu hamil. shutterstockDukungan suami berperan penting terhadap kestabilan emosi ibu hamil.
EditorWardah Fazriyati
KOMPAS.com - Wajar saja jika ibu hamil (bumil) mengalami perubahan emosi, seperti mudah uring-uringan, tiba-tiba sedih, atau lainnya. Ada beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengatasi perubahan psikologis sepanjang kehamilan.

1. Siap menghadapi perubahan tubuh.
Ibu hendaknya mempersiapkan diri bahwa kehamilan memang menyebabkan banyak perubahan pada bentuk tubuh. Namun, perubahan ini bukan berarti ibu tidak dapat tampil menawan dan cantik. Dengan memilih busana yang tepat, ibu dapat menyulap penampilannya menjadi lebih menarik.

2. Siap menghadapi perubahan peran.
Mulailah mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan peran. Setelah proses persalinan nanti, ibu tak hanya berperan sebagai istri dari pasangan hidupnya, tetapi juga berperan sebagai ibu dari anak yang dikandungnya. Bumil hendaknya menyadari perubahan ini karena akan banyak tugas baru sebagai ibu.

3. Tumbuhkan motivasi menjadi ibu.
Menjadi seorang ibu adalah tugas yang mulia. Ibu sudah sepatutnya bangga dan bahagia mendapatkan kesempatan menjalankan tugas mulia tersebut.

4. Tambahkan pengetahuan tentang kehamilan.
Berburu pengetahuan di dunia maya atau melalui berbagai buku akan memperkaya pengetahuan ibu. Ini akan membantu ibu lebih memahami yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama hamil dan saat bersalin nanti.

5. Lakukan kontrol kehamilan secara teratur.
Dengan melakukan kontrol secara rutin, ibu dapat menanyakan berbagai perubahan yang dialami. Bila ada yang memerlukan penanganan serius, dapat segera teratasi.

6. Berkomunikasi secara rutin dengan pasangan.
Komunikasikan dengan pasangan berbagai perubahan yang terjadi. Dengan demikian, suami akan mengetahui perubahan yang terjadi. Harapannya, pasangan akan berempati dan memberikan dukungan. Dukungan pasangan sangat berpengaruh terhadap kestabilan emosi ibu hamil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

7. Mengembangkan hobi atau banyak beraktivitas.
Ibu disarankan mengembangkan hobi atau melakukan  beragam aktivitas. Umumnya, ibu yang banyak beraktivitas di luar rumah dapat lebih mudah mengatasi berbagai perubahan psikis.

8. Lakukan relaksasi.
Relaksasi dapat menimbulkan rasa tenang dan nyaman sehingga membuat ibu mampu mengatasi segala permasalahan dengan rileks. Berikut bentuk relaksasi yang bisa ibu hamil lakukan:
* Ambil posisi yang nyaman, atau ciptakan suasana yang nyaman.
* Tarik napas panjang melalui hidung sebanyak lima hitungan saat menghirup napas, lima hitungan saat membuang napas.
* Buat seluruh otot rileks.
* Ciptakan sensasi rileks mengalir ke seluruh tubuh ibu.

(Tabloid Nakita/Utami Sri Rahayu)




Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.