Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2013, 11:23 WIB
KOMPAS.com - Wajar saja jika ibu hamil (bumil) mengalami perubahan emosi, seperti mudah uring-uringan, tiba-tiba sedih, atau lainnya. Ada beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengatasi perubahan psikologis sepanjang kehamilan.

1. Siap menghadapi perubahan tubuh.
Ibu hendaknya mempersiapkan diri bahwa kehamilan memang menyebabkan banyak perubahan pada bentuk tubuh. Namun, perubahan ini bukan berarti ibu tidak dapat tampil menawan dan cantik. Dengan memilih busana yang tepat, ibu dapat menyulap penampilannya menjadi lebih menarik.

2. Siap menghadapi perubahan peran.
Mulailah mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan peran. Setelah proses persalinan nanti, ibu tak hanya berperan sebagai istri dari pasangan hidupnya, tetapi juga berperan sebagai ibu dari anak yang dikandungnya. Bumil hendaknya menyadari perubahan ini karena akan banyak tugas baru sebagai ibu.

3. Tumbuhkan motivasi menjadi ibu.
Menjadi seorang ibu adalah tugas yang mulia. Ibu sudah sepatutnya bangga dan bahagia mendapatkan kesempatan menjalankan tugas mulia tersebut.

4. Tambahkan pengetahuan tentang kehamilan.
Berburu pengetahuan di dunia maya atau melalui berbagai buku akan memperkaya pengetahuan ibu. Ini akan membantu ibu lebih memahami yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama hamil dan saat bersalin nanti.

5. Lakukan kontrol kehamilan secara teratur.
Dengan melakukan kontrol secara rutin, ibu dapat menanyakan berbagai perubahan yang dialami. Bila ada yang memerlukan penanganan serius, dapat segera teratasi.

6. Berkomunikasi secara rutin dengan pasangan.
Komunikasikan dengan pasangan berbagai perubahan yang terjadi. Dengan demikian, suami akan mengetahui perubahan yang terjadi. Harapannya, pasangan akan berempati dan memberikan dukungan. Dukungan pasangan sangat berpengaruh terhadap kestabilan emosi ibu hamil.

7. Mengembangkan hobi atau banyak beraktivitas.
Ibu disarankan mengembangkan hobi atau melakukan  beragam aktivitas. Umumnya, ibu yang banyak beraktivitas di luar rumah dapat lebih mudah mengatasi berbagai perubahan psikis.

8. Lakukan relaksasi.
Relaksasi dapat menimbulkan rasa tenang dan nyaman sehingga membuat ibu mampu mengatasi segala permasalahan dengan rileks. Berikut bentuk relaksasi yang bisa ibu hamil lakukan:
* Ambil posisi yang nyaman, atau ciptakan suasana yang nyaman.
* Tarik napas panjang melalui hidung sebanyak lima hitungan saat menghirup napas, lima hitungan saat membuang napas.
* Buat seluruh otot rileks.
* Ciptakan sensasi rileks mengalir ke seluruh tubuh ibu.

(Tabloid Nakita/Utami Sri Rahayu)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com