Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarapan Baik, Si Kecil Lebih Terampil di Sekolah

Kompas.com - 11/09/2013, 11:56 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber parentdish
KOMPAS.comAnak-anak usia sekolah memerlukan sarapan sehat bergizi agar kerja otak lebih maksimal. Dengan begitu, anak-anak akan terbantu menyerap berbagai pelajaran dan pembelajaran di selama berada di sekolah.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan adanya keterkaitan antara sarapan anak dan keterampilan mereka di sekolah.

Studi oleh peneliti Swiss tahun 2012 menemukan anak yang sarapan pagi memiliki keterampilan motorik lebih baik, selain mempunyai indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Jadi, penting bagi orangtua untuk selalu menyiapkan hidangan terbaik bagi anak kala sarapan. Beberapa pilihan sarapan ini bisa menjadi pendukung kerja otak anak.

* Oatmeal
Oatmeal yang mengandung gandum utuh menjadi sumber tenaga bagi si kecil. Tapi pastikan cara makan oatmeal juga bermanfaat bagi anak.

Studi pada 2005 terhadap anak usia enam sampai 11 tahun menunjukkan, anak yang langsung mengonsumsi oatmeal instan dan manis saat sarapan memiliki hasil tes belajar yang lebih baik. Perbandingannya, anak yang mengonsumsi oatmeal dalam keadaan dingin, hasil tes belajarnya lebih rendah.

Agar anak-anak lebih menyukai oatmeal, sajikan dengan campuran kacang, kismis, dan madu. Namun, jika Anda ingin menyajikannya dengan cepat, cari oatmeal yang memiliki kandungan bahan baik dan gula rendah.

* Telur
Selain memiliki kandungan protein dan vitamin B, telur juga mengandung kolin. Ini adalah nutrisi yang mempunyai efek positif bagi tubuh, yakni meningkatkan daya otak dan memori. Rebus telur dan sajikan bersama roti panggang. Pilihan sarapan ini akan menjadi favorit anak Anda setiap harinya.

* Buah Beri
Stroberi dan blueberry kaya antioksidan. Beberapa studi juga menunjukkan kandungan yang terdapat di dalam buah ini membantu meningkatkan fungsi kognitif. Buah ini memang cenderung lebih mahal. Untuk menyiasati pengeluaran, campurkan saja buah beri dalam sereal hangat atau smoothie.

* Pisang
Buah yang satu ini dapat membuat perut menjadi sedikit lebih kenyang, dan sementara itu bisa juga memberikan nutrisi dari kandungan vitamin B6. Nutrisi pada pisang membantu proses produksi neurotransmitter, atau membantu kerja otak dan komunikasi sel-sel saraf. Kombinasikan pisang dengan selai kacang dalam roti panggang.

* Buah sitrus
Vitamin C berperan penting dalam menciptakan neurotransmitter yang berpengaruh pada memori hingga suasana hati. Vitamin C terdapat dalam jus buah, namun akan lebih baik jika Anda memberikan anak sarapan buah segar. Salah satunya buah sitrus dengan rasa asam yang disukai anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber parentdish
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com