Kompas.com - 11/09/2013, 14:23 WIB
|
EditorWardah Fazriyati

KOMPAS.comAnak-anak yang berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah akan memiliki konsentrasi lebih tinggi, dan berdampak positif pada kemampuan akademik mereka. Demikian hasil penelitian dari dua universitas di Denmark.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang pergi ke sekolah menggunakan mobil atau transportasi umum, memiliki tingkat konsentrasi yang lebih buruk dibandingkan mereka yang mengambil rute yang lebih aktif seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Dengan jalan kaki atau bersepeda ke sekolah, anak sebenarnya sedang berolahraga. Penelitian ini juga menemukan bahwa olahraga teratur dapat membantu anak menjadi lebih cerdas.

Hasil studi ini sekaligus membuktikan bahwa faktor yang memengaruhi konsentrasi siswa bukan hanya sarapan dan makan siang. Olahraga pun punya dampak besar terhadap konsentrasi, termasuk jalan kaki dan bersepeda.

"Tingkat konsentrasi anak meningkat empat jam setelah anak-anak berolahraga dengan jalan kaki dan bersepeda menuju sekolah," kata Niels Egelund, salah satu penulis penilitian tersebut.

Ia menambahkan, "Untuk murid yang duduk di kelas tiga, jika mereka berolahraga dan bersepeda ke sekolah, kemampuannya untuk berkonsentrasi meningkat menjadi setara dengan anak-anak yang berada di kelas empat."

Studi ini melibatkan 19.527 murid berusia lima sampai 19 tahun. Peneliti menanyakan responden mengenai kebiasaan olahraga mereka, kemudian memberi tes dasar pengukuran konsentrasi mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.