Kompas.com - 17/09/2013, 15:13 WIB
Ekstrak brokoli bagus untuk kulit SHUTTERSTOCKEkstrak brokoli bagus untuk kulit
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam brokoli menjadikan sayuran ini favorit banyak orang. Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata brokoli juga bisa jadi pelindung kulit.

Menurut penelitian terbaru dari University of Arizona dan Johns Hopkins University, menggosokkan brokoli pada kulit dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Brokoli diketahui mengandung senyawa-senyawa pencegah kanker. Selain itu ada juga senyawa untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Penelitian yang dipimpin oleh Paul Talaly M.D., profesor farmatologi ini melakukan uji coba ekstrak brokoli kepada enam orang relawan.

Ketika ekstrak brokoli dioleskan ke kulit manusia, tingkat kemerahan yang disebabkan oleh paparan radiasi ultraviolet (UV) berkurang sebesar rata-rata 37 persen. Kemerahan ini, yang disebut eritema, digunakan untuk mengukur kerusakan dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV dari matahari.

Tingkat perlindungan bervariasi di seluruh subjek tes, dari 8 persen sampai 78 persen. Menurut Talalay, ini mungkin karena perbedaan genetik dari individu atau variasi dalam kebiasaan makan mereka. 

Tidak seperti krim tabir surya, yang menyerap radiasi UV dan tidak memungkinkan untuk menembus kulit, ekstrak brokoli akan diserap langsung ke dalam sel-sel kulit sehingga dapat membantu sel-sel, dan darri dalam dihasilkan matriks enzim pelindung terhadap kerusakan dari paparan sinar UV.  

Kelebihan lain ekstrak brokoli daripada tabir surya pada umumnya adalah khasiatnya tetap tinggal sampai beberapa hari setelah diterapkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, penelitian ini masih sangat awal, sehingga kita masih perlu menunggu sampai suatu saat nanti ekstrak brokoli bisa dipakai dalam produk tabir surya atau body lotion. Tapi, tentu tak ada ruginya jika kita rutin memasukkan brokoli dalam menu makan sehari-hari.


 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.