Kompas.com - 20/09/2013, 14:42 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -
Stres memang berakibat pada semua bagian tubuh, tapi yang terlihat jelas mungkin hanyalah jerawat. Coba perhatikan, ketika menghadapi ujian atau wawancara kerja, biasanya akan muncul bintik-bintik merah jerawat di wajah.

Sayangnya, terlalu sibuk mengatasi kehadiran jerawat justru akan memperburuk jerawat. Demikian seterusnya bagai lingkaran setan yang sulit diputus.

Sejak lama para ahli sudah mengetahui bahwa stres berpengaruh pada jerawat. Namun baru-baru ini terungkap hubungan antara kedua hal tersebut.

Penelitian menunjukkan, sel-sel yang memproduksi sebum, zat berminyak memiliki reseptor pada hormon stres. Sebum adalah zat buruk yang jika bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri akan menyebabkan sumbatan pada folikel rambut di kulit sehingga menghasilkan komedo dan jerawat.

Ketika Anda sedang mengalami stres berat, maka sebum atau zat berminyak lebih cepat terbentuk, sehingga jerawat pun muncul.

Meski demikian, penelitian ini belum sampai pada kesimpulan. Karena ketika pengeluaran sebum meningkat selama masa stres, sebenarnya hal itu tidak menjamin terjadinya jerawat. Oleh karena itu, para peneliti masih terus mencari bukti mengenai stres sebagai akar penyebab timbulnya jerawat.

Guna menghilangkan efek stres pada jerawat, mungkin hal pertama yang bisa dilakukan adalah bagaimana menghadapi stres dengan baik.  Atur manajemen waktu Anda agar bisa menikmati istirahat dari pekerjaan yang menumpuk.

Jangan biarkan diri Anda tenggelam akan perasaan stres yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan serta kondisi kulit Anda.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.