Kompas.com - 24/09/2013, 07:48 WIB
Pastikan Anda membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan SHUTTERSTOCKPastikan Anda membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan
|
EditorD. Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Belanja yang impulsif dapat bermuara pada "bencana". Ini terjadi di pagelaran mode akbar, London Fashion Week 2014 lalu. Sebelumnya tidak pernah terjadi hal yang demikian.

Perempuan "kalap" saat berbelanja memang bukan cerita anyar lagi. Namun, yang terjadi baru-baru ini terbilang mencengangkan. Warga Inggris memiliki kegandrungan tersendiri pada produk fashion keluaran merek ritel. Sekalipun mahal, mereka tidak keberatan untuk mengeluarkan uang secara berlebihan. Belanja impulsif ini mencapai sekitar Rp 3,6 triliun dihabiskan untuk pakaian, sepatu, dan tas tangan yang mereka tidak butuhkan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh situs VoucherCodes.co.uk, rata-rata terdapat jumlah harga pakaian yang tidak dipakai di dalam lemari sebesar Rp 1,6 juta, dan seperempat dari perempuan menyalahkan dorongan emosi mereka.

Pada kenyataannya, alasan utama mereka membeli barang-barang secara impulsif tersebut ialah karena merasa sangat lemah dan pantas untuk mendapatkannya. Satu dari lima perempuan mengakui mereka memanjakan diri mereka saat datang pada hari gajian walau pada saat itu mereka sadar jika mereka tidak membutuhkan barang yang dibeli.

Sementara, satu dari delapan wanita mengatakan mereka hidup dengan memiliki sugesti bahwa hanya tinggal satu ukuran pakaian (yang akan mereka beli), yang mengharuskan mereka untuk membeli.

Berikut 10 alasan populer banyak wanita berbelanja secara impulsif.

1. Saya merasa sangat stres, jadi saya pantas memanjakan diri dengan shopping.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Saya baru dapat gajian, jadi saya pantas untuk memanjakan diri.

3. Pakaian itu hanya tinggal satu ukuran, jadi sayang kalau tidak dibeli.

4. Saya mengalami hari yang buruk dan shopping bisa memberikan kebahagiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.