Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2013, 14:35 WIB
|
EditorD. Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Kulit wajah yang sehat dan cerah didapatkan dari penopang kulit yang bagus. Nah, untuk mendapatkan fondasi tersebut, kelembaban kulit harus dijaga. Oleh karenanya, kebutuhan akan pelembab bagi kulit wajah atau tubuh sangat penting adanya.

Manfaat pelembab adalah untuk mencegah penuaan dini atau aging. Namun, Anda pun harus tahu betul, jenis pelembab seperti apa yang cocok untuk kulit Anda, jika tidak, alih-alih mendapatkan kelembaban kulit, bisa-bisa kulit menjadi kering dan akhirnya proses penuaan pun terjadi lebih cepat.

“Jadi dalam memilih produk perawatan kulit yang nomor satu adalah pelembab. Kalau kulit lembab maka proses perawatan lainnya akan lebih mudah, berbeda dengan kulit yang kering rentan dan sulit untuk dilakukan perawatan karena kulit akan langsung menjadi merah. Kulit kering gampang sekali kena masalah kulit,” papar Dr. Lilik Norawati, Sp.KK saat berbincang dengan KompasFemale seusai acara peluncuran Clinique DDML+ yang berlansung di Artisan Boutique, Jl. Gunawarman 65, Jakarta, Rabu (25/9/2013) kemarin.

Dr. Lilik juga menganjurkan, sebaiknya penggunaan pelembab untuk kulit dimulai sejak usia muda. Karena, keadaan polusi lingkungan, dan aktivitas yang mengharuskan berada di bawah AC menyebabkan kulit mudah mengalami dehidrasi. Selain itu, kulit berjerawat dan berminyak pun perlu pelembab.

Jika, usia Anda tak lagi muda, dan baru mengaplikasikan pelebab di usia yang terbilang matang, sebenarnya ini tidak masalah. Menurut dokter yang senang berguyon ini, berapa pun usia seseorang memulai menggunakan pelembab tetap memiliki pengaruh pada kulitnya.

“Kulit yang diberikan pelembab tetap akan membantu memperbaiki kulit,” tambahnya.

Nah, agar pelembab dapat menyerap baik ke dalam kulit, sebaiknya Anda menggunakannya setelah mandi atau sehabis cuci muka. Dan tidak ada aturan baku, berapa kali Anda harus menggunakan pelembab selama sehari, karena Dr. Lilik mengatakan, pelembab dapat digunakan kapan saja tidak ada batasan maksimal.

“Sehabis kita mandi atau cuci muka, kulit masih dalam keadaan yang lembab dan sangat bagus untuk diterapkan pelembab, karena penyerapannya akan maksimal,” sambungnya memaparkan.

Selain pelembab, pemilihan sabun juga penting, karena semuanya berkesinambungan, sebab perawatan kulit selazimnya harus saling berkaitan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.