Kompas.com - 28/09/2013, 12:07 WIB

KOMPAS.com - Sebenarnya depresi merupakan kondisi yang tidak bisa dianggap remeh. Walau obat-obatan untuk mengatasi gangguan mental ini banyak tersedia, tapi tak ada salahnya mencoba cara alami.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ajay Goel, PhD, Direktur Epigenetik dan Pencegahan Kanker di Baylor University Medical Center, mengungkapkan bahwa cara paling mudah dan cepat untuk menghilangkan depresi adalah dengan menyantap makanan yang mengandung kunyit. Kunyit mengandung senyawa kimia, kurkumin yang bisa berfungsi sebagai antidepresan. 

Dalam jurnal Phytotherapy Research, dengan dosis harian 1000 mg, kurkumin dinilai 2-5 persen lebih aktif mengatasi depresi daripada obat dokter. Kurkumin dianggap menjadi inhibitor alami (penghambat) monoamine oxidase yang menjadi biang keladi penyebab depresi. Kurkumin juga dinilai mampu menghambat pelepasan sitokinin yang menyebabkan stres. 

"Untuk mencegah depresi, Anda bisa membuat rempah ini menjadi bagian dalam masakan dan makanan Anda sehari-hari," jelasnya. Namun hati-hati ya, kurkumin juga dinilai mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Oleh karena itu, asupannya juga harus dikendalikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.