Kompas.com - 30/09/2013, 12:06 WIB
Busana muslim yang makin beragam KOMPAS.COM/KRISMAS WAHYU UTAMIBusana muslim yang makin beragam
|
EditorD. Syafrina Syaaf

Kompas.com - Perkembangan busana muslim di Indonesia terus meningkat dalam kecepatan yang pesat dari tahun ke tahun. Fenomena ini berdampak positif pada industri kreatif di tanah air, terbukti dengan kian banyak bermunculan para desainer baru, menawarkan rancangan yang lebih segar dan inspiratif. Namun sayangnya, karena pemerintah tidak pernah benar-benar sigap dalam melindungi kreasi mereka, acapkali karya merek dijiplak oleh oknum tidak bertanggungjawab.

"Tentu sangat mengganggu, hal itu sama saja dengan kerja keras yang kita lakukan diambil begitu saja. Dan karena sekarang sudah keseringan, jadi lebih menganggap sebagai reward dan orang menyukai karya kita," ujar Suci Utami, salah satu desainer yang memiliki nama brand Such! Utami ini saat ditemui di Mein House, Bandung, Sabtu (28/9/2013).

Pergerakkan yang terjadi di dunia maya memang mustahil untuk bisa dikontrol, selalu ada saja pihak yang menyelewengkan kreativitas seseorang. Kondisi serupa juga terjadi di industri fesyen muslimah, dikarenakan bisnis pada industri ini sedang bergairah, akibatnya banyak busana yang serupa dan bahkan benar-benar mirip.

Menurut Suci, ia juga tak memungkiri bahwa keserupaan dan penggunaan material yang sama membuat karya-karya mereka terlihat sama. Namun, bagi Ibu satu anak ini, masing-masing desainer mempunyai ciri khasnya, seperti halnya dia, identitas rancangan lebih kepada warna-warna cerah.

"Yang penting kita harus punya jati diri brand, biarpun trennya pastel tapi tetap harus dengan identitas kita aja," imbuhnya.

Akhirnya, para desainer busana muslimah yakin bahwa perkembangan bisnis busanan muslimah sebaiknya disikapi dengan bersaing secara sehat. Saling mendukung satu sama lain, berbagi rejeki, sembari memicu kreativitas masing-masing untuk selalu menjadi yang terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.