Kompas.com - 05/10/2013, 04:11 WIB
Myanmar, untuk pertama kalinya setelah 50 tahun akan mengikuti kembali ajang Miss Universe. Tahun ini, Miss Universe akan digelar di Rusia pada 9 November 2013. Wakil Myanmar adalah pemenang kontes Miss Myanmar, Moe Set Wine. Gambar diambil pada Kamis (3/10/2013), pada final pemilihan Miss Myanmar. Ye Aung Thu / AFPMyanmar, untuk pertama kalinya setelah 50 tahun akan mengikuti kembali ajang Miss Universe. Tahun ini, Miss Universe akan digelar di Rusia pada 9 November 2013. Wakil Myanmar adalah pemenang kontes Miss Myanmar, Moe Set Wine. Gambar diambil pada Kamis (3/10/2013), pada final pemilihan Miss Myanmar.
|
EditorPalupi Annisa Auliani
YANGON, KOMPAS.com — Diwarnai kontroversi, dan tak terlihat mengenakan bikini, Moe Set Wine (25) terpilih menjadi wakil Myanmar di kontestasi Miss Universe ke-62 di Rusia, bulan depan. Wine akan menjadi perempuan pertama Myanmar dalam 50 tahun terakhir yang mewakili negaranya di kontestasi kecantikan itu.

Pengiriman Wine ke hajatan tersebut dinilai mencerminkan perubahan politik dan sosial dramatis di bekas negara junta militer tersebut. Pengiriman wakil Myanmar ke Miss Universe mulai diberlakukan pada 1962, menyusul berkuasanya Jenderal Ne Win setelah kudeta militer dan penerapan rezim militer.

Ye Aung Thu / AFP Putri Myanmar, Moe Set Wine (25), yang akan mewakili Myanmar dalam ajang Miss Universe 2013 di Moskwa Rusia pada 9 November 2013.
"Saya sekarang merasa seperti bagian dari sejarah dan saya merasa seperti seorang prajurit yang melakukan sesuatu untuk negara dan rakyat saya," kata Wine, setelah memenangi kontes Miss Myanmar, Kamis (3/10/2013).

Negara yang sebelumnya menggunakan nama Burma ini mulai membuka diri pada dunia setelah lepas dari rezim militer pada 2011. Meski kontestasi kecantikan ini menjadi pertanda babak baru Myanmar, tak semua warga negara itu setuju dengan penampilan para perempuan dalam busana mini.

Tahun lalu, peserta Miss Myanmar yang mengenakan baju renang dua potong harus menghadapi ancaman dan pelecehan. "Pandangan pribadi saya adalah bahwa persaingan ini menyajikan citra yang baik dari negara kami. Tetapi jika Anda melihat apa yang mereka kenakan, itu bukan (pakaian) yang disukai orang-orang di sini," kata Deputi Menteri Kebudayaan Myanmar Than Swe, kepada AFP.

Pakaian tradisional Myanmar, yang masih wajib dikenakan di sekolah-sekolah tinggi, universitas, dan sebagian tempat kerja pemerintah disebut dengan "longyi". Itu adalah selembar kain katun atau sutra yang dipakai dengan melilitkannya di pinggang sehingga membungkus tungkai kaki.

Namun, para generasi muda Myanmar, terutama para perempuan urban, semakin banyak yang meninggalkan pakaian ini. Beragam alternatif pakaian sudah dikenal di sana, menyisihkan kekhawatiran soal moral dan kesopanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orang Myanmar tidak berani memakai pakaian seperti ini di masa lalu. Sekarang hal-hal itu membaik, dan orang-orang berani memakai itu, sehingga sebagai seorang desainer saya dapat membuat apa yang saya suka. Jadi senang senang hal-hal yang berubah," kata Htay Htay Tin yang merancang semua pakaian peserta Miss Myanmar seperti dikutip India Times.

Setelah 50 tahun

Myanmar untuk pertama kalinya dalam 50 tahun atau setengah abad ini mengirim seorang putrinya ke kancah lomba kecantikan Miss Universe atau Putri Sejagat di Moskwa, Rusia. Kegiatan itu akan berlangsung pada 9 November 2013.

Moe Set Wine, adalah perempuan yang pernah menempuh studi pemasaran dan bisnis di Amerika Serikat. Dia terpilih di antara 20 peserta pemilihan Putri Myanmar yang berlangsung pada Kamis malam.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.