Kompas.com - 05/10/2013, 07:35 WIB
Bergaya sesuai fashion masa kini SHUTTERSTOCKBergaya sesuai fashion masa kini
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Ketika sedang bernostalgia dan menengok kembali foto-foto di masa lalu, melihat ekpresi wajah, gaya rambut dan bagaimana Anda berbusana, entah mengapa semuanya tampak memalukan di waktu sekarang.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marks & Spencer ( M & S ) dan Oxfam Shopping initiative, hal tersebut wajar karena baru di usia 33 tahun seorang wanita merasa paling nyaman dengan penampilannya dan berhenti mempertanyakan cara mereka berbusana di masa lalu.

Masa remaja adalah fase di mana seseorang cenderung labil dalam menentukan gaya busana mereka. Hal ini disebabkan ketika masih belia, perempuan lebih senang mengikuti tren yang berlaku.

Kebiasaan mengekor ini pun terus terbawa hingga mereka dewasa. Sehingga, tak heran akhirnya hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa satu dari lima wanita mengaku masih memiliki kesulitan yang sama hingga saat ini.

Anda masih ingat, blazer atau jaket dengan bantalan bahu yang memberikan efek lengan tegap menyerupai tentara ? Dulu gaya ini sangat digandrungi, tetapi di hari ini, bisa-bisa Anda dikira Paula Abdul terlambat dewasa!

Padahal melihat rangkuman pekan mode di beberapa kota belakangan ini, banyak perancang mulai menerapkan kembali gaya bahu yang demikian. Tetapi masih sedikit pecinta mode yang mengenakannya dalam keseharian.

Perkembangan teknologi jejaring sosial media kini juga dimanfaatkan sebagai panggung catwalk abad ke-21. Para pecinta fashion mengaku Facebook dan Instagram sekarang menjadi portal jejaring sosial media nomor satu untuk mengetahui apa yang sedang populer dan apa yang tidak tren lagi, serta gaya busana apa yang diminati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan pada pagelaran London Fashion Week bulan lalu, platform sosial media mereka memainkan peran penting mengabarkan perkembangan pagelaran show kala itu.

Dibalik manfaat sosial media sebagai wadah informasi tren fashion, tapi mereka juga bisa menjadi pengingat Anda mengenai gaya berbusana masa lalu yang pernah Anda kenakan. Bahkan, sebagian dari pria dan wanita yang disurvei mengaku menghapus foto-foto mereka di Facebook karena malu dengan pakaian yang pernah mereka kenakan di masa lalu yang dianggap sangat kuno sekarang ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.