Kompas.com - 11/10/2013, 10:52 WIB
Ilustrasi perawatan wajah. ShutterstockIlustrasi perawatan wajah.
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Hanya karena Anda sudah memakai produk perawatan kulit yang sama selama bertahun-tahun dan memang cocok, bukan berarti produk tersebut akan selalu tepat. Ada kondisi tertentu yang membuat Anda perlu mengganti produk perawatan kulit.

Menurut Dr.Harold Lancer, dermatologis, ada beberapa alasan mengapa kita tak bisa terus-menerus menggunakan produk kosmetik yang sama.

1. Perubahan musim
Faktor ini menjadi penting jika Anda ingin bepergian ke negara empat musim. Bukan hanya pakaian yang disesuaikan, kosmetik pun demikian. "Kulit akan lebih kering di musim dingin, karena itu pastikan Anda memakai produk pembersih wajah yang tepat," kata Lancer.

2. Sudah kedaluwarsa
Jika Anda tak mau mengonsumsi makanan yang sudah kedaluwarsa, maka seharusnya aturan tersebut juga berlaku untuk produk kosmetik. "Cobalah untuk mengecek tanggal kedaluwarsa produk kosmetik Anda. Beberapa mungkin lebih tua dari yang disadari," kata Lancer.

Meski mungkin Anda tidak langsung mengalami efek samping berbahaya dari produk tersebut, tetapi produk kosmetik yang sudah berusia dua tahun biasanya sudah tidak efektif lagi. Karena itu gantilah produk "basi" dengan produk yang lebih aman dan efektif.

3. Iritasi
Jika Anda mendapati kulit selalu merah atau jerawat yang tidak biasa, besar kemungkinan Anda mengalami alergi pada produk kosmetik yang dipakai. "Beberapa reaksi alergi tak terlalu kentara dan hanya muncul di satu area kulit wajah saja," kata Lancer. Jika tampak tanda-tanda kulit iritasi segera ganti produk kosmetik Anda dan perhatikan ada tidaknya perbaikan.

4. Sudah waktunya memakai produk anti-aging
Meski Anda belum mau mengakuinya, tetapi pada satu titik Anda perlu memakai produk yang tepat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Jika di usia Anda yang sudah hampir kepala tiga ini masih setia pada kosmetik sejak masa kuliah, ini saatnya untuk mengganti produk yang tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5. Kulit kusam atau warna tidak rata
Kulit yang cerah bersinar merupakan tanda perawatan kulit yang Anda lakukan bekerja efektif. Tetapi jika wajah Anda tidak secerah sebelumnya, mungkin Anda memang perlu memakai sesuatu yang baru.

"Kulit akan memberitahu kita apakah produk yang dipakai efektif atau tidak. Gantilah produk yang mempercepat pergantian sel, meningkatkan level oksigen dan membantu kulit lebih cerah," sarannya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber She Knows
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.