Kompas.com - 11/10/2013, 12:07 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Seorang wanita mengeluhkan perilaku kekasihnya yang tidak serius dengan kehidupan dan pekerjaannya. Apalagi selama 8 tahun hubungan tersebut, dan sempat putus selama 2 tahun, kekasihnya ini juga gemar meminjam uang.

Meski kesal karena kelakukan kekasih, namun wanita ini enggan memutuskan hubungan karena takut tidak bisa mendapat pria lain yang lebih baik, mengingat usianya sudah menginjak 27 tahun. Apa yang harus dilakukan?

Simak jawaban psikolog Sani B. Hermawan, Direktur Lembaga Konsultasi Daya Insani, seperti dimuat dalam majalah Chic.

Jika saya amati, hubungan Anda yang cukup lama menandakan Anda berdua memang cocok satu sama lain. Ini juga terbukti ketika Anda sulit move on. Namun kebiasaan malas bekerja dan senang berutang juga tidak bisa diabaikan. Sebab ini menjadi masalah penting ketika Anda berdua menikah.

Walaupun bisa disiasati dengan perjanjian pranikah, namun bukan menjadi solusi terbaik. Anda perlu menilik kembali kebiasaan pasangan yang buruk ini. Apakah sudah menjadi karakter yang sulit diubah? Ataukah masih ada celah kemungkinan untuk diperbaiki?

Anda bisa bedakan berutang karena emergency ataukah karena habit? Jika sudah menjadi kebiasaan dalam keluarganya, besar kemungkinan hal ini sudah menjadi pola hidupnya. Jika demikian, saya rasa Anda perlu berpikir lebih jauh lagi untuk menikah dengannya.

Usia 27 tahun masih memiliki peluang besar untuk mendapatkan seseorang yang lebih baik. Percayalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.