Kompas.com - 18/10/2013, 08:56 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Rahman Indra
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com — Sebagai orang terdekatnya yang memahami karakter dan kebiasaan si dia,  sering kali seorang wanita bisa merasakan adanya perubahan pada pasangan yang diam-diam mulai tidak setia. Menekan perasaan curiga ini bisa berakibat fatal.

Tetapi, kecurigaan saja tidak cukup, Anda perlu memastikan apakah itu hanya perasaan yang terlalu sensitif atau memang si dia memang menduakan Anda. Kenali tanda-tanda lain dari pasangan yang sedang berselingkuh.

1. Tak bisa jauh dari "gadget"
Salah satu pertanda si dia memang menyembunyikan sesuatu adalah sikapnya yang mulai aneh, terutama yang berkaitan dengan perangkat komunikasi. Biasanya mereka tidak akan membiarkan ponselnya jauh dari pandangannya, tiba-tiba mengganti password, dan saat menjawab pesan ia langsung menjauhi Anda.

Terapis dan konsultan perkawinan Donna Tonrey mengungkapkan, banyak orang yang selingkuh ketahuan dari rekam jejak telepon selulernya. Entah itu dari rekam jejak panggilan atau pesan pendek. Kalau si dia sering menerima telepon atau pesan dari nomor yang itu-itu saja, sebaiknya tanyakan siapa orang yang menelepon itu.

2. Kebiasaan baru
Tanda berikutnya ialah jika biasanya dia kalem, lalu tiba-tiba menjadi orang yang sangat aktif dan punya banyak kegiatan di luar rumah, atau mendadak ia tampak lebih peduli pada penampilannya. Ia juga lebih sering menghindari kontak mata dengan Anda saat berbicara.

Danine Manette, penulis buku Ultimate Betrayal: Recognizing, Uncovering and Dealing with Infidelity, mengatakan, tanda-tanda pasangan selingkuh adalah lebih sering berada di luar rumah untuk alasan yang tidak jelas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk melengkapi ini, coba juga perhatikan apakah dia kemudian punya hobi baru seperti main golf, biliar, atau futsal. Kedengarannya aktivitas ini sah-sah saja, tetapi siapa tahu, apalagi kalau frekuensinya kemudian lebih sering dan lebih lama.

"Saya mulai curiga kalau dia sudah lebih sibuk atau tiba-tiba membatalkan janji dengan alasan yang tidak jelas, katanya urusan keluarga atau bertemu teman lama," ujar Nana Laksmi, perempuan usia 26 tahun, yang sehari-hari berprofesi sebagai penyiar radio ini.

Nana lalu mencoba menelusuri apakah perubahan itu karena ada orang lain atau memang sibuk dalam arti sebenarnya. Ternyata alasan mengantar mama atau urusan keluarga hanya bohong karena kekasihnya sedang jalan dengan wanita lain.

3. Tagihan mencurigakan
Bagi pasangan menikah, tentu Anda sering melihat tagihan kartu kreditnya. Tak ada salahnya curiga jika ia banyak mendapat tagihan untuk makan di restoran, belanja, atau mungkin tagihan menginap di sebuah hotel.

4. Sikapnya berubah
Pasangan yang dulunya cuek dan tidak romantis tiba-tiba jadi lebih sering membelikan hadiah atau mengizinkan Anda berbelanja dan bepergian. Sikap royalnya tersebut mungkin berkaitan dengan rasa bersalah yang ia alami karena telah tidak setia.

5. Mudah tersinggung
Hal-hal kecil mendadak jadi bahan pertengkaran Anda berdua. Ia juga cenderung mengatakan bosan dan kesal dengan sikap Anda. Cobalah kontrol emosi Anda dan ajak ia bicara baik-baik. Tetapi, jika ia lebih memilih untuk pergi ketimbang mendiskusikan apa yang menjadi masalah, barangkali keributan yang diciptakannya hanyalah trik agar ia bisa keluar rumah dan menemui wanita lain.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Sofeminine
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.