Kompas.com - 21/10/2013, 10:19 WIB
Panggung JFW dibuat lebih panjang dibanding tahun lalu DOK JFW 2014Panggung JFW dibuat lebih panjang dibanding tahun lalu
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Ada banyak kejutan yang dihadirkao oleh perhelatan mode Jakarta fashion Week 2014. Selain memilih mal premium, Senayan City, sebagai lokasi penyelenggaraannya, JFW 2014 juga menggandeng lebih banyak desainer dibanding tahun sebelumnya. Jika tahun lalu jumlah desainer yang ikut ambil bagian adalah 153 desainer, maka di tahun ini ada 200 desainer yang terlibat. 

Program Buyer's Room yang dibuka dua hari sebelumnya, terlihat lebih tertata apik agar para buyer yang datang dari berbagai negara, merasakan kenyamanan. "Di tahun ini, JFW bersinergi dengan Kementerian Perdagangan untuk mendatangkan buyer lebih banyak, karena acaranya dilaksanakan berbarengan dengan Trade Expo Indonesia," ungkap Svida Alisjahbana, Ketua Umum JFW 2014 saat konferensi pers pembukaan Buyer's Room, Kamis (17/10/2013) lalu.

Eksistensi Buyer's Room ini, hanya dibuka selama tiga hari dari Kamis-Sabtu (17-19/10/2013). Lebih singkat jika dibandingkan perhelatan JFW 2014 yang terus berlangsung hingga 25 Oktober mendatang.

Lalu yang lebih istimewa, tahun ini JFW juga meningkatkan kapasitas penontonnya.  Fashion tent  terletak di sayap kanan Senayan City, yang langsung bersebelahan dengan Universitas Bina Nusantara, Jakarta Selatan.

Di hari biasa, lokasi fashion tent ini berfungsi sebagai jalur lalu lintas kendaraan menuju lapangan parkir motor dan mobil di Senayan City. Namun untuk seminggu ke depan,akan dimanfaatkan sebagai catwalk. Dengan lokasi yang lebih luas, membuat panitia leluasa dalam membangun venue yang lebih besar dan megah.

Berbeda dari tahun sebelumnya, catwalk JFW kali ini dibangun lebih panjang. Catwalk JFW membentang hingga sepanjang 34 meter. "Dengan panjang catwalk mencapai 34 meter ini, maka model juga harus berjalan lebih jauh. Kalau dikalkulasikan, dengan perjalanan bolak-balik dan dikali dengan jumlah baju yang harus mereka bawakan dalam satu show, bisa-bisa satu model harus berjalan satu kilometer," jelas Svida. 

Pembuatan catwalk yang lebih panjang ini, semata-mata bertujuan agar para penonton bisa lebih puas menikmati dan mengamati busana-busana dari desainer favoritnya. Dengan begitu, maka kapasitas penonton di tenda ini pun semakin banyak. Sampai saat ini, tenda mampu memuat sekitar 600 undangan, yang mayoritas merupakan pengamat dan pecinta mode, dan tak lupa jurnalis fesyen yang turut memadati tenda, demi menjadi yang pertama dalam perolehan berita. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.