Kompas.com - 21/10/2013, 15:01 WIB
Ilustrasi pernikahan shutterstockIlustrasi pernikahan
Penulis Rahman Indra
|
EditorLusia Kus Anna


 
KOMPAS.com -
Cincin kawin sebagai pengikat janji setia ternyata kerap disembunyikan calon pelamar kerja. Mereka khawatir peluang mereka untuk diterima kerja akan hilang karena ketahuan sudah menikah.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah survei di Inggris. Disebutkan, satu dari tiga wanita yang sudah menikah atau bertunangan, mengaku menyembunyikan cincin kawin mereka pada beberapa situasi.

Survei tersebut dilakukan oleh comparejewellery.com terhadap sejumlah responden wanita  di Inggris baru-baru ini. Ada sekitar 1.712 responden yang terlibat dan semuanya berusia 18 tahun ke atas.

Sebagian besar menganggap cincin memiliki pengaruh besar terhadap karier. Masih banyak orang yang menilai berstatus lajang memberi keuntungan tersendiri saat sedang meniti karier. Menjadi lajang juga dinilai akan membuka peluang mendapat projek yang menantang.

Selain itu, dengan tidak memakai cintin para responden ingin memberi kesan kepada pihak pewawancara mereka serius untuk bekerja. Jika memakai cincin, mereka takut dianggap hanya akan bekerja sebentar karena tak lama lagi akan menikah.

Ketika ditanya situasi apa yang membuat para responden ini melepas cincinnya, hampir 35 persen menjawab ketika bekerja di kantor, 29 persen saat wawancara kerja, dan 22 persen saat bersosialisasi dengan teman.

Saat sedang bersosialisasi, alasan mencopot cincin karena mereka tidak mau diperlakukan berbeda oleh temannya.

Di luar situasi tersebut, mayoritas responden menjawab mereka melepas cincin mereka saat sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau sedang mandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.