Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2013, 16:21 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis



KOMPAS.com –
Meski songket termasuk dalam kain tradisional Indonesia, tetapi potongan modern yang dibuat para desainer menjadikan kain nusantara ini meninggalkan kesan kunonya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini gairah untuk mengangkat kain tradisional menjadi busana siap pakai terus terasa. Agar bisa diterima pasar, tentu saja kain-kain yang kental nilai tradisi ini harus diubah menjadi busana siap pakai yang nyaman dan bisa dipakai untuk berbagai kegiatan.

Songket Palembang yang mendapat julukan sebagai Ratunya Kain, sudah banyak diolah menjadi busana modern yang dinamis. Songket antara lain bisa dipakai menjadi jaket, bolero, hingga gaun pesta yang mewah.

Desainer Vinora pada peragaan busana pembukaan Pasar Indonesia di ajang Jakarta Fashion Week 2014 mengenalkan kain songket modern.

Jika selama ini songket identik dengan benang emas dan perak, Vinora memilih warna yang lebih netral sehingga bisa dilirik generasi muda. Bekerjasama dengan Songket Adis, Vinora menampilkan slim blazer tanpa lengan, sweater yang mengembang di bawah (beat box), serta celana Aladin yang belakangan sedang digandrungi.

“Kain songket modern sekarang tidak lagi menggunakan benang emas dan perak, sehingga membuat songket lebih enak di pakai. Warna-warnanya pun sudah berubah, tidak lagi warna gelap, kini makin menuju warna cerah yang digemari generasi muda,” paparnya menjelaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com