Kompas.com - 21/10/2013, 16:21 WIB
Desain songket Dok JFW 2014Desain songket
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com –
Meski songket termasuk dalam kain tradisional Indonesia, tetapi potongan modern yang dibuat para desainer menjadikan kain nusantara ini meninggalkan kesan kunonya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini gairah untuk mengangkat kain tradisional menjadi busana siap pakai terus terasa. Agar bisa diterima pasar, tentu saja kain-kain yang kental nilai tradisi ini harus diubah menjadi busana siap pakai yang nyaman dan bisa dipakai untuk berbagai kegiatan.

Songket Palembang yang mendapat julukan sebagai Ratunya Kain, sudah banyak diolah menjadi busana modern yang dinamis. Songket antara lain bisa dipakai menjadi jaket, bolero, hingga gaun pesta yang mewah.

Desainer Vinora pada peragaan busana pembukaan Pasar Indonesia di ajang Jakarta Fashion Week 2014 mengenalkan kain songket modern.

Jika selama ini songket identik dengan benang emas dan perak, Vinora memilih warna yang lebih netral sehingga bisa dilirik generasi muda. Bekerjasama dengan Songket Adis, Vinora menampilkan slim blazer tanpa lengan, sweater yang mengembang di bawah (beat box), serta celana Aladin yang belakangan sedang digandrungi.

“Kain songket modern sekarang tidak lagi menggunakan benang emas dan perak, sehingga membuat songket lebih enak di pakai. Warna-warnanya pun sudah berubah, tidak lagi warna gelap, kini makin menuju warna cerah yang digemari generasi muda,” paparnya menjelaskan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.