Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2013, 10:40 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Daily Mail Upacara pembabtisan Pangeran George, putra dari Pangeran William dan Kate Middleton.


KOMPAS.com –
Momen pembaptisan Pangeran George merupakan kemunculan publik keduanya setelah kelahirannya. Dalam upacara pembaptisan yang berlangsung di Istana St. James, London, Rabu (23/10/2013) lalu, putra pasangan William dan Kate Middleton ini terlihat menggunakan baju pembaptisan tradisional kerajaan Inggris.

Baju panjang berwarna putih gading ini merupakan baju bersejarah bagi kerajaan Inggris. Baju ini sudah dikenakan oleh 60 bayi kerajaan saat upacara pembaptisan. Baju ini awalnya diciptakan untuk putri sulung Ratu Victoria pada tahun 1841 dan dirancang oleh Janet Sutherland, putri penambang batubara.

Baju ini dibuat dengan bahan sutera putih dengan lapisan renda katun honiton. Baju ini dibuat menyerupai gaun pernikahan Ratu Victoria dengan Pangeran Alber pada tahun 1840. Bajunya sendiri sudah dikenakan untuk upacara pembaptisan sejak raja edward VII, Pangeran Charles, Pangeran William, Lady Louise Windsor, putri dari Earl dan Countess of Wessex pada tahun 2004.

Sayangnya, gaun bersejarah ini sudah terlalu tua dan rapuh untuk digunakan. Maka sejak tahun 2008 lalu, pakaian baptis bersejarah ini dibuat replikanya. Viscount Severn, adik dari Lady Louise James adalah bayi pertama yang mengenakan replika gaun bersejarah ini. Dan Pangeran George adalah bayi kedua yang akan mengenakan replika busana baptis dengan model yang sama.

Setelah banyak spekulasi tentang nama desainer yang akan membuat jubah baptis George, akhirnya pertanyaan ini terjawab sudah. Rupanya, jubah baptis George ini ditangani oleh desainer couture, Angela Kelly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com