Kompas.com - 27/10/2013, 05:51 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Jika ingin sukses mengikuti gelaran lari akbar, Mandiri Jakarta Marathon 2013, yang berlangsung hari ini Minggu (27/10/13) dengan rute 42,195 km. Coba terapkan tip memilih sarapan yang tepat berikut ini, seperti dikutip dari laman SHAPE.

Sarapan dengan asupan karbohidrat yang tinggi, terdengar masuk akal, mengingat energi dan stamina tubuh yang Anda perlukan saat berlari harus dalam kondisi yang fit. Apalagi, karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga pada tubuh.

Hmm.. tunggu dulu. Karena menurut Matt Hart, Ultra-Distance Runner dan Coach di CoachingEndurance., cara ini tidak sepenuhnya benar!

Menurut Hart, para ahli gizi dan atlit lari profesional menyarankan, sampai hari perlombaan berlangsung, sebaiknya tetap menjalankan diet dengan jumlah kalori yang dianjurkan selama masa latihan. Nah, ini artinya, dilarang mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

Maka dari itu, agar sukses menyelesaikan perlombaan maraton hari ini. Ada baiknya, jangan terlalu ‘bersemangat’ mengisi perut dengan makanan yang kaya karbohidrat, seperti nasi, roti, dan tepung-tepungan.

“Anjuran untuk mengurangi porsi latihan, beberapa hari sebelum hari H, membuat orang jadi berpikir bahwa sah-sah saja mengonsumsi makanan tanpa pantangan, dengan alasan agar kandungan gikogen (karbohidrat yang tersimpan dalam bentuk glukosa) tercukupi sebelum waktu bertanding. Padahal cara ini tidak direkomendasikan, karena asupan karbohidrat yang tinggi pada tubuh, akan membuat Anda jadi lesu dan cepat lelah saat pertandingan berlangsung,” terang Hart lebih merinci.

Menurut Ashley Koff, R.D., pakar diet dari Los Angeles, salah satu jenis sarapan yang disarankan adalah jus kombinasi pisang dan susu. Karena pisang mengandung jenis karbohidrat yang mudah dicerna sebagai sumber tenaga pada tubuh.

Selain itu, pilihan menu lainnya yang akan mendukung kebugaran tubuh Anda, saat melakukan maraton adalah ikan. Susan Kleiner, Ph.D., RD, penulis buku berjudul Power Eating, mengatakan “Kandungan asam lemak omega 3, meningkatkan kesehatan celullar, pembuluh darah, dan sendi. Mengonsumsi daging ikan sebanyak tiga kali sebelum pertandingan,  mengoptimalkan stamina tubuh.’’

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.