Kompas.com - 29/10/2013, 11:46 WIB
Asupan makanan yang tepat membuat rambut Anda terlihat sehat dan indah ShutterstockAsupan makanan yang tepat membuat rambut Anda terlihat sehat dan indah
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Anda boleh saja rajin memakai conditioner dan melakukan perawatan rambut mahal di salon untuk membuat rambut Anda terlihat sehat dan bersinar. Tapi kenyataannya kesehatan dan keindahan rambut  terutama dihasilkan dari makanan yang kita asup.

Ricardo Vila Nova, seorang trichologist di Urban Retreat di Harrods mengatakan, “Diet yang tidak seimbang dapat menyebabkan rambut rusak dan rontok serta rambut menjadi kering dan kelebihan sebum.”

Gaya hidup dengan stres yang tinggi dan gizi buruk dapat menjadi katalisator untuk kerusakan rambut yang mungkin perlu empat tahun untuk dipulihkan.

Untuk mencegah kerusakan rambut, konsumsi daging merah yang merusakan sumber zat besi (iron).

“Iron adalah pendorong kekuatan akar rambut. Ini membawa pasokan darah dan oksigen ke seluruh tubuh yang menjaga rambut menjadi kuat dan terpelihara baik," katanya.

Rambut yang tipis dan lemas merupakan tanda pertama bahwa Anda tidak mendapatkan cukup zat besi. Karenanya disarankan untuk makan satu porsi daging sapi atau domba setidaknya dua kali seminggu.

Anda vegetarian? Jangan khawatir, cokelat bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh dan rambut Anda. Kandungan dalam cokelat merupakan pigmen yang membentuk warna pada rambut dan kulit, bertanggung jawab untuk menjaga rambut Anda tetap sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda ingin rambut lebih lembut, salmon bisa menjadi pilihan sebagai sumber asam lemak Omega-3 dan 6 yang penting bagi kesehatan otak dan rambut. Asam lemak esensial yang terkandung di dalamnya menjaga kulit kepala tetap lembab, membantu rambut  terhidrasi dan membantu elastisitas.

Ikan berminyak seperti tuna, salmon dan mackerel adalah sumber asam lemak yang baik. Setidaknya konsumsi ikan-ikan itu satu atau dua kali seminggu.

Dari keluarga lemak nabati, alpukat dan kenari bisa juga bisa membuat rambut Anda bersinar.  Alpukat bisa membuat lapisan kutikula rambut Anda menjadi halus di permukaan rambut dan tampak bersinar.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.