Kompas.com - 01/11/2013, 23:09 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorSyafrina Syaaf
KOMPAS.com - Salah satu misteri yang sering ditanyakan pria dan wanita adalah, berapa lamakah idealnya durasi berhubungan seks di luar foreplay? Sebenarnya tidak ada rumus pasti untuk itu. Meski demikian, berdasarkan penelitian yang dilakukan  di Amerika Serikat dan Kanada, durasi yang ideal untuk sexual intercourse hanya di kisaran 7-13 menit.


Eric Corty dan Jenay Guardiani, dua peneliti dari Pennsylvania State University, melakukan survei terhadap 50 anggota Society for Sex Therapy and Research (2008). Responden yang disurvei adalah para  psikolog , dokter , pekerja sosial, konsultan pernikahan, dan perawat yang telah berpengalaman puluhan tahun menangani problema seks pasiennya.

Berdasarkan respons responden survei, berhasil dibuat rentang waktu yang menghubungkan durasi berhubungan seks (di luar pemanasan) dan tingkat kepuasan pelakunya. Hasilnya sebagai berikut:

Durasi Seks                    Respon

1-2 menit                       Terlalu singkat

3-7 menit                        Memadai

7-13 menit                      Diinginkan

13-30 menit                    Terlalu lama

Hasil peneltian tersebut seperti mematahkan anggapan sebelumnya bahwa berhubungan seks yang ideal dan memuaskan itu berdurasi lama atau hingga berjam-jam. Padahal, 7-13 menit saja sudah cukup asal diiringi dengan foreplay yang maksimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.